Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Pakar

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Pakar
Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris management yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan, dan pengelolaan. Dari sini dapat diketahui bahwa manajemen secara bahasa merupakan proses atau usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan kata manajemen jika ditinjau dari segi terminologi, para ahli berbeda pendapat dalam mengartikannya sesuai dengan latar belakang dan sudut pandang mereka masing-masing. Sukarno K., dalam bukunya "Dasar-dasar Manajemen" mengatakan bahwa: manajemen adalah proses daripada pimpinan membimbing atau memberikan fasilitas-fasilitas dari usaha orang-orang yang terorganisir di dalam organisasi guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan." Singkatnya manajemen berarti proses perencanaan pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan atau pengendalian. Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa faktor yang saling berhubungan erat satu sama lain dalam suatu organisasi adalah administrasi dan kepemimpinan karena baik buruknya manajemen dalam suatu organisasi sangat tergantung pada proses pengelolaan administrasi tersebut dan kualitas kepemimpinannya
Untuk memberikan pengertian manajemen, Purwanto mengutip tiga pendapat tokoh manajemen sebagai berikut:
1.      Manajemen menurut Arifin Abdurrahman, adalah kegiatan-kegiatan untuk mencapai sasaran dan tujuan pokok yang telah ditentukan dengan menggunakan orang-orang sebagai pelaksana. Jadi, dalam hal ini manajemen adalah mengelola orang-orang sebagai pelaksana.
2.      Menurut Dwight Waldo, manajemen adalah suatu rangkaiaan tindakan dengan maksud untuk mencapai hubungan yang rasional dalam sistem administrasi.
3.      Menurut O' Donnal, manajemen adalah pencapaian sesuatu melalui sesuatu dan bersama-sama dengan orang-orang.

Definisi manajemen di atas menjelaskan bahwa ada keterkaitan erat antara manajemen dan administrasi pendidikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu aktivitas yang menjadi pusat administrasi.
Dengan demikian, jika hal tersebut diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan akan sama artinya dengan administrasi pendidikan. Karena di dalam keseluruhan proses administrasi, pengelolaan atau pembinaan orang-orang sebagai pelaksana merupakan kegiatan yang sangat penting dan menentukan, maka tepatlah jika dikatakan bahwa manajemen adalah inti administrasi.
Oleh karena itu, dalam lembaga pendidikan  perlu adanya suatu manajemen yang baik dalam menghadapi berbagai persoalan baik yang berkaitan dengan pengelolaan ataupun pengaturan-pengaturan yang sesuai degan tujuan. Artinya perlu adanya usaha manusia untuk mendapatkan keberhasilan yang sudah ditetapkan/direncanakan sebelumnya.


Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Pakar. Please share...!

Back To Top