Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

FORMAT SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI Yang Baik dan Benar

FORMAT SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI


FORMAT SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

Sistematika penulisan ProposalSkripsi dapat dirinci menjadi 3 (tiga) bagian, yakni bagian awal, bagian pokok, dan bagian akhir.

A.   Bagian Awal
Bagian awal Proposal Skripsi terdiri atas: sampul (lihat lampiran 1), halaman persetujuan pembimbing yang diketahui Ketua Jurusan (lihat lampiran 2), daftar isi, daftar tabel (kalau ada), daftar gambar (kalau ada), dan daftar lampiran (kalau ada).

Lembar bagian awal ini diberi nomor halaman dengan  huruf  romawi kecil pada kaki halaman bagian tengah. Penghitungan nomor halaman dimulai dari lembar persetujuan pembimbing (bukan sampul) sampai dengan lembar sebelum bagian pokok.


B.   Bagian Pokok

Bagian pokok proposal skripsi terdiri atas: (1) Judul, (2) Pendahuluan, yang berisi: latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, (3) landasan teori/tinjauan pustaka, dan (4) metode penelitian. Bagian pokok proposal disajikan sebagai berikut:

1.    Judul
...............................................................................................................
...............................................................................................................
......................................

2.    Pendahuluan
Pendahuluan terdiri atas: latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

                Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah ini menerangkan keternalaran (kerasionalan) mengapa topik yang dinyatakan pada judul skripsi itu diteliti. Untuk menerangkan keternalaran tersebut perlu dijelaskan dulu pengertian topik yang dipilih. Kemudian diterangkan argumen yang melatarbelakangi pemilihan topik itu dari sisi substansi dalam keseluruhan sistem substansi yang melingkupi topik itu. Dalam hal ini dapat dikemukakan misalnya, adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, antara teori dan praktek, konsep dalam topik, kesenjangan kinerja (manajemen atau fenomena gap), kesenjangan hasil penelitian, kesenjangan teori). Selanjutnya mengemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan penelitian. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada pedoman penulisan skripsi.

                Perumusan Masalah
Perumusan masalah adalah rumusan persoalan yang perlu dipecahkan atau pertanyaan yang perlu dijawab dengan penelitian. Rumusan itu sebaiknya disusun dalam bentuk kalimat tanya, atau sekurang-kurangnya mengandung kata-kata yang menyatakan persoalan atau pertanyaan.

                Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian mengungkapkan apa yang hendak dicapai dengan penelitian. Tujuan dirumuskan sejajar dengan rumusan masalah.

                Manfaat Penelitian
Kegunaan penelitian menguraikan kegunaan atau pentingnya penelitian yang dilakukan, baik bagi pengembangan ilmu (teoretis) maupun bagi kepentingan praktis.

3.    Landasan Teori / Tinjauan Pustaka
Bagian ini menguraikan landasan teori dan tinjauan pustaka mengenai variabel yang diteliti. Uraian mengenai landasan teori disusun dalam bentuk sub judul dimulai dari nomor 3.1, 3.2, 3.3, dst. Bagian ini diakhiri dengan sub judul Kerangka Pemikiran Teoritis dan Pengembangan Hipotesis.

4.    Metode Penelitian
Jika pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, bagian ini menguraikan beberapa sub judul dan penomoran sub judul sebagai berikut: 4.1. Jenis dan Desain Penelitian, 4.2. Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan Sampel, 4.3. Variabel Penelitian 4.4. Metode Pengumpulan Data, dan 4.5. Metode Analisis Data.

Jika pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif, bagian ini menguraikan beberapa sub judul dan penomoran sub judul sebagai berikut: 4.1. Dasar Penelitian, 4.2. Fokus Penelitian, 4.3. Sumber Data, 4.4. Alat dan Teknik Pengumpulan Data, 4.5. Objektivitas dan Keabsahan Data, 4.6. Model Analisis Data, dan
4.7. Prosedur Penelitian.


C.   Bagian Akhir


Bagian akhir proposal skripsi terdiri atas daftar pustaka dan lampiran (jika ada). Pedoman rinci mengenai cara penulisan daftar pustaka dapat dilihat pada pedoman penulisan skripsi.
Labels: cara membuat skripsi, Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading FORMAT SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI Yang Baik dan Benar. Please share...!

Back To Top