Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Visi Dan Misi Quantum Teaching Dan Learning


Visi Dan Misi Quantum Teaching Dan Learning


Berbagai perkembangan dan kemajuan tehnologi komunikasi, unsur budaya dan krisis moral, harus diantisipasi oleh dunia pendidikan khususnya pendidikan agama Islam.Quantum yang merupakan salah satu pendekatan yang telah depergunakan oleh sekian lembaga pendidikan dalam proses belajar mengajar dengan hasil yang memuaskan, sebab dalam pendekatan Quantum memberikan kesempatan dan pengalaman pada anak untuk dapat merasakan indahnya penemuan terhadap hal-hal baru.
a.            Visi Quantum Teaching adalah menciptakan metode pengajaran yang memudahkan proses belajar.
b.           Misi Quantum Teaching adalah menggabungkan metode pengajaran dengan keistimewaan-keistimewaan  belajar  menuju bentuk perencanaan pengajaran yang akan melejitkan prestasi siswa.[1]
Quantum Teaching sangat membantu dalam mempermudah dalam pembelajaran dengan meningkatkan potensi pendidik dan siswa dengan berbagai teknik cara belajar secara tepat sehingga menjadikan cara belajar dengan secara mudah  juga dapat mengahasilkan efek belajar yang benar-benar tepat guna bagi pengembangan potensi diri, sehingga terbentuklah sosok anak didik yang memiliki karakter, watak dan kepribadian dengan landasan iman dan ketaqwaan serta nilai-nilai akhlak atau budi pekerti yang kokoh tercermin dalam keseluruhan sikap dan prilaku sehari-hari, untuk selanjutnya memberi corak bagi pembentukan watak bangsa.
2.       Visi dan Misi Quantum Learning
a.          Visi Quantum Learning adalah menciptakan pemercepatan pembelajaran (accelereted learning) dengan upaya yang normal dan disertai kegembiraan.[2]
b.          Misi Quantum Learning adalah menggugah sepenuhnya belajar para pelajar, membuat belajar menyenangkan dan memuaskan bagi mereka, dan memberikan sumbangan sepenuhnya pada kebahagiaan, kecerdasan, kompetensi, dan keberhasilan mereka sebagai manusia.[3]
Dalam konteks ini, pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang tidak sekedar sebagai penerima arus informasi global, tetapi harus memberikan bekal kepada anak didik agar dapat mengolah, menyesuaikan dan menggembangkan apa yang diterima melalui arus informasi, sehingga menjadi manusia yang kreatif dan produktif yang didambakan kehadirannya baik secara individual, sosial maupun nasional.
Sejalan dengan Visi  dan Misi Quantum Teaching dan Learning tersebut, maka dapat di identifikasikan sasaran pendidikan meliputi empat pengembangan fungsi manusia yaitu:
a.       Menyadarkan manusia secara individual pada posisi dan fungsinya ditenganh makluk lain, serta tentang tanggung jawab dalam kehidupannya. Dengan kesadaran tersebut manusia akan mampu berperan sebgai makhluk Allah yang paling utama diantara makhluk lain sehingga mampu berfungsi sebagai kholifah dimuka bumi.
b.      Menyadarkan fungsi manusia dalam hubungannya dengan masyarakat, serta tanggung jawabnya terhadap ketertiban masyarakat tersebut. Sebab manusia harus mengadakan interaksi dengan makhluk sesamanya sebagai makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga dalam Islam mengajarkan tentang persamaan, persaudaraan dan musyawarah yang dapat membentuk masyarakat menjadi suatu persekutuan hidup yang utuh.
c.        Menyadarkan menusia terhadap sang pencipta alam dan mendorongnya untuk beribadah kepadaNya. Sebab manusia sebagai Homo divinas (makhluk yang berketuhanan), sikap dan watak relegius perlu dikembangkan sehingga mampu menjiwai dan mewarnai kehidupannya.
d.       Menyadarkan manusia tentang kedudukannya terhadaap makhluk lain dan membawanya agar memahami hikmah tuhan menciptakan makhluk lain, serta memberikan kemungkinan terhadap manusia untuk mengambil manfaatnya.
Terkait dengan sasaran pendidikan tersebut, secara sosiologis pendidikan senantiasa merupakan penjelmaan dari fenomena sosial yang sedang dan selalu bergerak. Disisi lain, pendidikan dipandang sebagai bentuk investasi, baik modal maupun untuk membantu meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan sekaligus produktif dimasa depan yang diukur dari tingkatan penghasilan yang diperolehnya dengan mengalami cara belajar itu sendiri.[4]
Fakta sosial selama  ini bahwa visi pendidikan Islam telah mengalami perubahan dan perkembangan secara terus menerus. Sebab pada awalnya orientasi pendidikan Islam lebih banyak berkonsentrasi pada urusan “ukhrowiyah”, nyaris lepas dari urusan “duniawiyah”.Sehigga dewasa ini, misi atau orientasi pendidikan agama Islam  yang selama ini telah berjalan disekolah kurang begitu tepat, sebagai indikasi kekurang tepatan tersebut adalah pendidikan agama Islam saat ini lebih berorientasi pada belajar tentang agama sehingga hasilnya banyak orang yang mengetahui nilai-nilai ajaran agama, tetapi prilakunya tidak relevan dengan nilai-nilai ajaran agama yang diketahuinya. Hal tersebut menyebabkan terjadinya keterpisahan dan kesenjangan antara ajaran agama dan realitas prilaku pemeluknya.
Dengan demikian pendidikan agama Islam harus mampu memberikan solusi mengingat problem yang dihadapi masyarakat modern tersebut menghendaki visi dan misi pendidikan yang tidak semata-mata menekankan pada pengisian otak, tetapi juga pengisian jiwa, pembinaan akhlak dan kepatuhan menjalankan ibadah. Suatu upaya untuk mengintregasikan berbagai pengetahuan yang terkotak-kotak kedalam ikatan tauhid, suatu keyakinan bahwa ilmu-ilmu yang dihasilkan lewat penalaran manusia itu harus dilihat sebagai bukti kasih sayang Tuhan kepada manusia, dan harus di abdikan untuk beribadah kepada Tuhan melalui karya-karya kemanusiaan yang ikhlas.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Visi Dan Misi Quantum Teaching Dan Learning. Please share...!

Back To Top