Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Tinjauan Tentang Konsep Modernisasi


A.    Tinjauan Tentang Konsep Modernisasi
Konsep modernisasi meliputi bidang-bidang yang majemuk. Ada yang disebut modernisasi politik, modernisasi ekonomi, modernisasi teknologi, modernisasi pendidikan, dan lain sebagainya. Karena itulah tema modernisasi mendapat perhatian dari tokoh-tokoh masyarakat. Hal ini disebabkan adanya dorongan agar masyarakat yang dipimpin bisa berkembang menjadi masyarakat yang maju dan modern.

Berdasarkan keambiguity dan ketidak jelasan tentang modernisasi, beberapa ahli mencoba membuat semacam definisi. Diantaranya adalah Syeh Husein Alatas dari Universitas Singapura, yang dalam tulisannya “Religion and Modernization in South East Asia, memberikan rumusan bahwa :
“Modernisasi adalah proses di mana ilmu pengetahuan modern meliputi segenap aspek kehidupan manusia, yang diperkenalkan pada berbagai tingkatan, yaitu pertama dalam kebudayaan Barat dan kemudian tersebar ke dunia non-Barat, melalui berbagai metode dan kelompok, dengan tujuan yang utama yaitu mencapai suatu kehidupan yang lebih baik dan lebih memuaskan dalam arti yang seluas-luasnya sehingga diterima oleh masyarakat bersangkutan.[1]

Ketidakpuasan tentang paradigma modernisasi dalam tahun enam puluhan nampak dalam skeptis terhadap pola variable-variable yang “modernisasi” dan terhadap dikotomi-dikotomi. Berbagai peneliti mengemukakan bahwa pola variable itu terdapat urutan waktu, akan tetapi bercampur dalam masyarakat dewasa ini, dimana perkembangan “modern” kelihatannya menimbulkan unsur-unsur tradisional atau bahkan memantapkannya.
Terkait dengan modernisasi di dunia Islam telah banyak kajian yang dilakukan dan berbagai implikasi politiknya terhadap umat Islam di Indonesia. Dalam perjalanan sejarah telah mewarnai sistem dan perilaku budaya, sosial, ekonomi, pendidikan, dan politik yang ada dalam masyarakat. Sejak kehadirannya pada sekitar abad ke 10 Masehi, Islam telah senantiasa terlibat dalam wacana dan kiprah kehidupan masyarakat sehingga nilai-nilai (values) dan tradisi-tradisi sosial (social traditions) yang bersumber dari ajarannya, ikut mewarnai proses pembentukan masyarakat dan bangsa sampai saat ini. Yang dalam perkembangannya memiliki dinamika sendiri, baik pasang maupun surutnya, sukses dan kegagalannya, yang berbeda dengan komonitas Islam di wilayah atau belahan dunia lain.
Di dalam pemerintahan sendiri para pengamat politik Islam sepakat bahwa proses modernisasi yang berlangsung telah mendorong dilakukannya upaya-upaya reinterpretasi dan penyesuaian-penyesuaian di dalam batang tubuh umat Islam sehingga mereka tetap eksis dalam gejolak perubahan yang berlangsung. Agenda yang dilancarkan terutama dalam melakukan restrukturisasi mendasar untuk menopang proses akselerasi modernisasi dan pembangunan ekonomi
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Tinjauan Tentang Konsep Modernisasi. Please share...!

Back To Top