Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Hubungan Lembaga Pendidikan Sekolah dengan Masyarakat


Hubungan Lembaga Pendidikan Sekolah dengan Masyarakat
Lembaga pendidikan sekolah merupakan bagian dari masyarakat seperti umumnya lembaga-lembaga pendidikan lainnya, sebagaimana telah diuraikan diatas, bahwa adanya lembaga pendidikan sekolah adalah untuk membina anak-anak dan para remaja dari masyarakat bersangkutan. Sekolah adalah milik masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat. Sebab itu sekolah tidak boleh mengisolasi diri dari masyarakat. Sebaliknya sekolah harus menyatu dengan masyarakat dan sekaligus menjadi agen pembaharu masyarakat.

Menurut Finc bahwa pendidikan harus merupakan bagian dari masyarakat. Sebab program tenaga kerja diambil dari masyarakat, juga dukungan dana dan tempat bekerja. Karenanya sekolah daan masyarakat harus memiliki keterkaitan erat.[2]
Dari pendapat tersebut bahwa lembaga pendidikan sekolah tidak lepas dari masyarakat. Namum ini tidak berarti sekolah harus melebur diri di masyarakat secara keseluruhan, melainkan tetap menunjukkan identitasnya sebagai lembaga pendidikan yang dapat mempengaruhi pendidikan dan pembangunan masyarakat. Kerjasama seperti ini bukan hanya diharapkan, tetapi diharuskan sebab UUSPN menginginkan penyelenggaraan pendidikan dilakukan bersama oleh pemerintah, orang tua siswa dan masyarkat. Disamping itu pendidikan di sekolah akan dapat berjalan dengan baik bila terdapat dukungan dana, sarana dan nara sumber dari masyarakat. Dukungan dari masyarakat adalah wujud dari rasa terima kasih masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh lembaga pendidikan sekolah.
Esensi hubungan lembaga pendidikan adalah untuk meningkatkan keterlibatan, kepedulian, kepemilikan dan dukungan dari masyarakat terutama dukungan moral dan finansial. Dalam arti yang sebenarnya hubungan lembaga pendidikan sekolah dan masyarakat adalah untuk menjalin kerjasama untuk bersama-sama bertanggung jawab terhadap keberhasilan dan kemajuan pendidikan, sehingga akan dibutuhkan peningkatan intensitas dan ekstensitas hubungan lembaga pendidikan sekolah dengan masyarakat.

Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Hubungan Lembaga Pendidikan Sekolah dengan Masyarakat. Please share...!

Back To Top