Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengaruh Pola Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak


Pengaruh Pola Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak

                        Perlu diketahui bahwa dalam keluargalah anak mulai mengenal hidupnya yang pertama seperti kehidupan beragama, pengertian, cinta, kasih sayang dan tolong menolong antara sesama. Hal tersebut harus disadari oleh tiap-tiap keluarga (orang tua). Karena anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, akan tumbuh dan berkembang melalui kepemimpinan pendidikan orang tua.
                        Oleh karena itu, kepemimpinan orang tua harus diterapkan benar-benar dan harus disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak, sebab kesalahan penerapan kepemimpinan pendidikan orang tua berakibat kegagalan pada anak.
                        Suatu missal kepemimpinan yang bersifat otoriter biasanya banyak dikeritik, karena cara tersebut akan kurang memberiakan kesempatan pada anak untuk berkembang menurut dirinya sendiri, anak kurang punya inisiatif, jiwanya biasanya tertekan sehingga menimbulkan efek anak selalu ingin memberontak.
                        Sedangkan kepemimpinan yang liberal sering dikritik juga karena pimpinan orang tua kurang tyegas, orang tua memberikan kebebasan yang penuh kepada anaknya, sehingga berakibat anak menjadi liar karena merasa tidak mendapatkan perhatian dari orang tua, dan anak cendrung berbuat sesuka hatinya dan semena-mena.
                        Kemudian cara yang ketiga adalah sifat kepemimpinan yang demokratis:
"Pola kepemimpinan ini disesuaikan dengantarap-tarap perkembangan dan pertumbuhan anak, dengan cita-citanya, misalnya, kecakapan-kecakapan pengalamannya, anak ditempatkan yang semestinya yang mempunyai kebebasan untuk berinisiatif dan aktif".
                       

                        Dari pendapat diatas tentang pola kepemimpinan orang tua tersebut, maka dapat diambil suatu pengertian  bahwa peran orang tua, bimbingan dan tindakan orang tua sangat berpengaruh terhadap pembentukan prilaku anak, sebab moral bukalah suatu pelajaran yang dapat dicapai dengan mempelajarinya saja, tanpa pembinaan mental sejak dini dan membiasakan hidup berakhlak dari kecil.                      Seperti apa yang diungkapkan oleh Dr. Zakiyah Daradjat :
"Pembinaan mental seorang mulai sejak ia kecil, semua pengalaman yang dilalui, baik yang disadari atau tidak, ikut menjadi unsure-unsur yang menggabukan dalam kepribadian seseorang dikemudian hari adalah nilai-nilai yang diambil dari lingkungan, terutama keluarga sendiri".[2]

                        Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat dipahami bahwa orang tua mempunyai peranan yang sangat penting untuk membentuk anak menjadi orang yang shaleh dan berakhlakul karimah serta mengarahkannya kejalan yang benar. Sebagaimana firman Allah :
øŒÎ)ur tA$s% ß`»yJø)ä9 ¾ÏmÏZö/ew uqèdur ¼çmÝàÏètƒ ¢Óo_ç6»tƒ Ÿw õ8ÎŽô³è@ «!$$Î/ ( žcÎ) x8÷ŽÅe³9$# íOù=Ýàs9 ÒOŠÏàtã ÇÊÌÈ  
Artinya :
"Dan ingatlah ketika lukman berkata kepada anaknya di waktu ia menberi pelajaran kepadanya : "Hai anakku, janganlah kamu menyekutukan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedholiman yang besar". (QS. Luqman:13)
                       

                  Menurut ayat tersebut diatas dapat diambil suatu pengertian bahwa pendidikan dari orang tua yang menggambarkan pengaruh pola kepemimpinan orang tua pada anaknya. Orang tua wajib mendidik anak kejalan yang benar dan diridhoi oleh Allah.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengaruh Pola Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak. Please share...!

Back To Top