Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Kurikulum di TK Taman Kanak-kanak

Kurikulum di TK Taman Kanak-kanak

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang tujuan, isi dan bahan belajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman 111 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu

Kurikulum di TK Taman Kanak-kanak
Kurikulum memiliki kedudukan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Hal ini sesuai dengan tujuan kurikulum yaitu sebagai alat mencapai suatu tujuan pendidikan. Program prasekolah akan lebih berhasil jika memiliki kurikulum yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Kurikulum pada Taman Kanak-kanak dibagi menjadi dua berdasarkan kelompok yang ada di Taman Kanak-kanak, yaitu kurikulum untuk kelompok A dan kurikulum untuk kelompok B. Ruang lingkup kurikulum di Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal meliputi berbagai aspek, yaitu aspek moral dan nilai-nilai agama; social, emosional, dan kemandirian; berbahasa; kognitif; fisik, motorik dan seni.

Beberapa aspek perkembangan di Taman Kanak-kanak tersebut dipadukan menjadi dua bidang pengembangan yang utuh untuk mempermudah para guru dalam menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan pengalaman peserta didik. Adapun bidang pengembangan tersebut yaitu bidang pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan bidang pengembangan kemampuan dasar.
  1. Bidang pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan Pembentukan perilaku melalui pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus dan ada dalam kehidupan sehari hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik. Bidang pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan meliputi pengembangan moral dan nilai-nilai agama, serta pengembangan sosial, emosional dan kemandirian.
  2. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar Pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan anak. Pengembangan kemampuan dasar tersebut meliputi kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni.
Labels: cara membuat skripsi

Thanks for reading Kurikulum di TK Taman Kanak-kanak. Please share...!

Back To Top