Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Pakar Ahli

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Pakar Ahli

Prestasi belajar adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. Prestasi ialah hasil sesuatu yang telah dicapai.
 Menurut Mas’ud Hasan Abdul Dahar yang dikutip oleh  Djamarah bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun secara kelompok.24 Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi adalah suatu hasil yang telah dicapai. Belajar menurut Slameto adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
 Prestasi belajar berdasarkan pada pengertian per kata adalah hasil yang telah dicapai setelah proses belajar. Menurut Nurkencana prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai atau diperoleh anak berupa nilai mata pelajaran.
Pengertian Prestasi Belajar Menurut Pakar Ahli

Unsur – Unsur Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai setelah proses belajar. Unsur-unsur prestasi belajar adalah bagian-bagian atau hal-hal yang ada dalam prestasi belajar atau hasil belajar. Prestasi belajar atau hasil belajar merupakan tujuan proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat dikelompokkan kedalam Taksonomi yang dikembangkan oleh Benyamin S Bloom dan kawan-kawan  sekaligus merupakan  kriteria yang dapat digunakan oleh guru untuk mengevaluasi mutu tujuannya. Adapun taksonomi yang dimaksudkan di atas adalah sebagai berikut:
  • Ranah kognitif ( cognitive domain) Ranah kognitif berorientasi kepada kemampuan berfikir mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah.28 Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak).
  •  Ranah afektif (affective domain)  Ranah afektif berhubungan dengan perasaan, emosi, system nilai, dan sikap hati(attitude) yang menunjukkan penerimaan atau penolakan terhadap sesuatu.30 Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
  •  Ranah psikomotor (psychomotor domain) Ranah psikomotor berorientasi  kepada keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh,atau tindakan (Action) yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otak.31 Jadi ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
Labels: cara membuat skripsi

Thanks for reading Pengertian Prestasi Belajar Menurut Pakar Ahli. Please share...!

Back To Top