Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Hasil/Prestasi Belajar

Pengertian Hasil/Prestasi Belajar
Prestasi adalah hasil yang dicapai, sedangkan belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut perubahan yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotorik.
Jadi yang dimaksud prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik berupa kognitif, psikomotorik maupun afektif yang bisa dilihat dari prestasi belajar di sekolah (Barlow, 1985 dalam Syah, 1995).

Dari keterangan di atas seseorang dapat dikatakan sudah belajar atau mencapai hasil belajar apabila sudah mengalami perubahan tingkah laku baik secara kognitif, psikomotorik dan afektif. Bahkan untuk bisa disebut sebagai hasil belajar seseorang harus mempunyai syarat-syarat tertentu sebagaimana disebutkan oleh Cronbach Yaotu, adanya pencapaian tujuan tertentu dalam belajar merupakan buah dari proses kegiatan yang disadari, sebagai hasil latihan atau uji coba yang disengaja, merupakan tindak tanduk yang berfungsi aktif dalam kurun waktu tertentu dan berfungsi positif bagi pengembangan tindak tanduk lainnya (Dimyati dan Mudjiono, 1999).
Namun demikian seseorang yang sedang belajar kadang-kadang mengalami kesulitan belajar. Ini disebabkan karena terbatasnya kemampuan yang dimilikinya. Kesulitan belajar itulah yang dapat menyebabkan suatu kegagalan.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah segala wujud hasil belajar yang ditandai dengan adanya perubahan prilaku dalam diri, baik secara kognitif, psikomotorik dan afektif.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengertian Hasil/Prestasi Belajar. Please share...!

Back To Top