Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran

Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran
Perencanaan adalah suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sedangkan menurut Syaiful Sagala, perencanaan merupakan proses penetapan dan pemanfaatan sumber daya secara terpadu yang diharapkan dapat menunjang kegiatan-kegiatan dan upaya-upaya yang akan dilaksanakan secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan
Dalam dunia pendidikan perencanaan di sini berkaitan dengan bagaimana cara merencanakan agar kegiatan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang baik pula.
Kegiatan yang berlangsung di sekolah bersifat formal, disengaja, direncanakan, dengan bimbingan guru dan bantuan pendidik lainnya. Apa yang hendak dicapai dan dikuasai oleh siswa dituangkan dalam tujuan belajar, dipersiapkan bahan apa yang harus dipelajari, dipersiapkan juga metode pembelajaran yaitu yang sesuai bagaimana cara siswa mempelajarinya, dan melakukan evaluasi untuk mengetahui kemajuan belajar siswa. Persiapan ini telah direncanakan secara seksama oleh guru mengacu pada kurikulum mata pelajaran. Penjelelasan ini memberikan gambaran bahwa kegiatan belajar yang dilaksanakan secara sengaja dipersiapkan dalam bentuk perencanaan pengajaran. Persiapan pengajaran ini sengaja sebagai kegiatan integral dari proses pembelajaran di sekolah.
Penyusunan program pembelajaran dapat dibedakan menjadi program tahunan, semester, mingguan, dan harian. Program tahunan merupakan rencana pembelajaran yang disusun untuk setiap mata pelajaran yang berlangsung selama satu tahun ajaran pada setiap mata pelajaran dan kelas tertentu yang disusun menjadi bahan ajar. Langkah-lamhkah penyusunan program tahunan adalah: 1) membaca dan memahami kurikulum dan silabusnya, 2) menganalisis kemampuan dasar yang ada pada kurikulum, dan 3) menentukan alokasi waktu setiap kemampuan dasar berdasarkan kalender pendidikan yang ditetapkan.
Adapun tim yang menyusun program tahunan ini terdiri dari tim rekayasa kurikulum, ahli mata pelajaran, dan kelompok kerja guru mata pelajaran. Tim ini idealnya difasilitasi oleh Pemerintah Daerah di mana program pembelajaran itu berada. Program semester disusun dengan merancang kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dan kelas yang dilakukan pada satu semester. Perencanaan ini akan merespon pemenuhan target pembelajaran baik diukur dari prestasi belajar siswa melalui sejumlah tes dan alat evaluasi yang digunakan maupun pelayanan belajar siswa oleh para pendidik dilihat dari kesiapan dan strategi yang digunakan. Untuk mencapai target dan tujuan yang digunakan, maka secara teknis dan operasaional dijabarkan dalam program mingguan dan juga program harian
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengertian Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. Please share...!

Back To Top