Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Lembaga Pendidikan Sekolah.

Pengertian Lembaga Pendidikan Sekolah.
Di dalam sejarah pendidikan dikemukakan bahwa sejak jaman pendidikan China kuno dan Yunani kuno telah dijumpai adanya sekolah sebagai lembaga pendidikan. Perkataan “sekolah” berasal dari perkataan Yunani “schola” yang artinya waktu nganggur atau waktu senggang. Bangsa Yunani kuno mempunyai kebiasaan menggunakan waktu senggangnya untuk berdiskusi guna menambah ilmu dan mncerdaskan akal. Lambat laun usaha tersebut diselenggarakan secara teratur dan berencana (secara formal), sehingga akhirnya timbullah sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang bertugas untuk menambah ilmu pengetahuan dan kecerdasan akal.

Pendidikan sekolah termasuk masalah sosial, sehingga dalam kelembagaannya tidak terlepas dari lembaga sosial yang ada. Lembaga disebut juga institusi atau pranata, sedangkan lembaga sosial adalah suatu bentuk organisasi yang tersusun relatif tetap atas pola-pola tingkah laku, peranan-peranan dan relasi-relasi yang terarah dalam mengikat individu yang mempunyai otoritas formal dan sanksi hukum, guna tercapainya kebutuhan-kebutuhan sosial dasar.
Pendidikan sekolah yang berlangsung melalui proses operasional dalam mencapai tujuannya, memerlukan model dan sistem yang konsisten dan dapat mendukung nilai-nilai moral spritual yang melandasinya. Nilai-nilai tersebut diaktualisasikan berdasarkan orientasi kebutuhan perkembangan fitrah siswa yang dipadu dengan pengaruh lingkungan kultural yang ada. Oleh karena itumanajemen kelembagaan pendidikan sekolah memandang bahwa seluruh proses kependidikan dalam institusi adalah sebagai suatu sistem yang berorientasi kepada perbuatan yang nyata.
Kelembagaan pendidikan sekolah merupakan sub-sistem dari sistem masyarakat atau bangsa. Dalam operasionalnya selalu mengacu dan tanggap kepada kebutuhan perkembangan masyarakat. Tanpa bersikap demikian, lembaga pendidikan sekolah dapat menimbulkan kesenjangan sosial dan kultural. Kesenjangan ini nantinya akan menjadi konflik antara pendidikan dan masyarakat. Dari sinilah timbul krisis pendidikan yang intesitasnya berbeda-beda menurut tingkat atau taraf perkembangan masyarakat.
Oleh karena itu, lembaga pendidikan sekolah yang diselenggarakan haruslah sesuai dengan tuntutan dan aspirasi masyarakat, sebab tanpa memperhatikan hal tersebut akan mengalami kesulitan dalam mencapai kemajuan
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengertian Lembaga Pendidikan Sekolah.. Please share...!

Back To Top