Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Metode Pengolahan Dan Analisis Data

Metode Pengolahan Dan Analisis Data

1.      Metode Pengelola Data
Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan pengolahan data dan selanjutnya disimpulkan agar diperoleh gambaran yang jelas. Disamping itu penulis juga menggunakan metode deduktif, metode induktif dan metode komparatif. Pengertian dari metode tersebut menurut James A. Black  adalah sebagai berikut:

1.        Metode Deduktif adalah metode penyelidikan berdasarkan asas-asas umum untuk menerangkan peristiwa-peristiwa khusus atau penjelasan teoritis yang bersifat umum terhadap fakta konkrit.
2.        Metode Induktif adalah metode penyelidikan berdasarkan asas-asas khusus untuk menerangkan peristiwa-peristiwa umum.
3.        Metode Komparatif adalah suatu metode pengambilan kesimpulan dengan mengadakan perbandingan argumentasi atau teori para ahli dalam suatu masalah agar diketahui yang lebih kuat atau untuk mengkompromikan berbagai pendapat.
2.      Metode Analisis Data
Menurut pendapat Potton seperti yang dikutip oleh Moleong bahwa analisa data adalah proses mengatur urutan data mengorganisasikan kedalam suatu pola, kategori dan satuan uraian data. Sedangkan analisa data kualitatif menurut Bogdan dan Biklen, seperti yang dikutip oleh Moleong, adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensitensiskannya mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan Deskriptif Thinking dalam menganalisa data kualitatif yang diperoleh penulis dalam meneliti. Metode deskriptif menurut Suharsimi Arikunto merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Artinya, metode ini digunakan dalam rangka menganalisa data dari hasil pengumpulan data yang berhubungan dengan pembahasan.
Sedangkan Nadzir berpendapat bahwa metode Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status, kelompok manusia, suatu objek, serta kondisi, suatu sistem, pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.Dalam kerangka ini, peneliti menggambarkan peristiwa atau kejadian kejadian yang muncul pada saat meneliti sesuai dengan pembahasan yang diambil guna mendapatkan hasil yang faktual dan akurat. Oleh sebab itu, tujuan penggunaan dari metode deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sitat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Metode Pengolahan Dan Analisis Data. Please share...!

Back To Top