Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Pengajian Rutin Keagamaan

Pengertian Pengajian Rutin Keagamaan
Agar tidak terjadi perbedaan arti antara dakwah dan pengajian rutin agama, ada baiknya terlebih dahulu diungkapkan pengertian dakwah itu sendiri. Yunus menjelaskan sebagai berikut : Dakwah berasal dari bahsa Arab yang berarti seruan, panggilan, ajakan, jamuan. Disamping menterjemahkan dengan kata “ajakan, panggilan, undangan”, juga menjelaskan bahwa kata yang sama dengan dakwah ialah penerangan pendidikan, pengajaran, indokrinasi dan propaganda. 

13
 
Sedangkan menurut Aruzi dakwah adalah : mempunyai arti ajakan, dari kata da’a – yad’u – da’watan (dakwah) yang berarti ajakan, seruan, dan panggilan,. Dalam pengertian lebih khusus dakwah berarti mengajak baik pada diri sendiri atau orang lain untuk berbuat baik sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh Allah dan Rasul-nya serta meingalkan perbuatan-perbutan yang tercela (dilarang) oleh Allah dan Rasul-nya 
Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan, dakwah diartikan secara sempit dalam arti tabligh, seperti ; khutbah jum’at, pengajian agama, ceramah agama dan lain sebagainya, sebagimana disebut dalam Al-Qur’an:
* $pkšr'¯»tƒ ãAqߧ9$# õ÷Ïk=t/ !$tB tAÌRé& šøs9Î) `ÏB y7Îi/¢ ( bÎ)ur óO©9 ö@yèøÿs? $yJsù |Møó¯=t/ ¼çmtGs9$yÍ 4 ª!$#ur šßJÅÁ÷ètƒ z`ÏB Ĩ$¨Z9$# 3 ¨bÎ) ©!$# Ÿw Ïöku tPöqs)ø9$# tûï͍Ïÿ»s3ø9$# ÇÏÐÈ

Artinya : "Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu) berarti kamu tidak kamu tidak menyampaikan amanahnya. Allah memelihara kamu dari (gangguan manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir” (QS. Al-Maidah :67) 

Dengan demikian jelaskan bahwa pengartian dakwah dapat diidentifikasikan dengan pengajian agama, karena merupakan kegiatan ajakan, seruan atau panggilan yang dilakukan dengan cara memberikan penerangan Islam yang menyangkut kemaslahatan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Sedangkan menurut Badudu, rutin adalah pekerjaan sama yang di lakukan berulang-ulang (tiap kali, tiap hari)
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengertian Pengajian Rutin Keagamaan. Please share...!

Back To Top
close
==Close==