Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Contoh Hasil Penelitian dan Pembahasan Skripsi

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Tahap Persiapan
Proses keseluruhan penyelesaian skripsi ini peneliti tempuh melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan tahap penyajian data, analisis data dan pembuktian hipotesis.
Ada beberapa hal yang ditempuh dalam tahap persiapan ini, yaitu :
  1. Pencarian dan penetapan masalah untuk selanjutnya dijadikan judul skripsi
  2. Pengajuan judul kepada sekretaris jurusan PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep
  3. Pembuatan Proposal Penelitian, kerangka skripsi dan instrument penelitian
  4. Mengurus surat izin penelitian ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep
  5. Mengurus surat permohonan kesediaan pembimbing 1 da II kepada sekretaris jurusan PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep
  6. menyampaikan surat izin penelitian kepada kepala Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep
B.     Tahap Pelaksanaan
Dalam tahap pelaksanaan penelitian, kegiatan – kegiatan yang dilakukan meliputi :
  1. Mengadakan Observasi kelokasi penelitian tentang penggunaan metode demonstrasi dan Tanya jawab dalam pembelajaran fiqih
  2. Mengadakan interview dengan guru mata pelajaran fiqih
  3. Menyebarkan angket kepada respondent
  4. Menarik kembali pengisian angket dari respondent
  5. Mengadakan tes pelajaran fiqih
  6. Mengadakan pencatatan data dokumentasi
  7. meminta surat keterangan telah melaksanakan penelitian kepada kepala madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep
C.     Tahap Penyajian Data
Pada bagian penyajian data ini, penulis akan menguraikan semua data yang diperoleh melalui metode yang digunakan dalam penelitian ini, baik metode utama seperti angket dan tes maupun metode penunjang seperti metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk lebih jelasnya data tersebut disajikan sebagai berikut :
1.      Data hasil observasi
Dari metode ini penulis ingin memperoleh data tentang penerapan metode demonstrasi dan tanya jawab pada materi fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep tahun pelajaran 2011/ 2012 dan dari metode ini diperoleh data sebagai berikut :
a.       Metode demonstrasi dan tanya jawab telah diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin pada setiap kelas (VII, VIII dan XI) oleh guru pengajar materi fiqih. Tapi ada satu kendala yaitu kurangnya media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran.
b.      Tingkat pemahaman siswa dapat dikatakan baik. Siswa mampu menangkap makna serta dapat menguraikan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru.

2.      Data hasil interview
Data hasil interview ini merupakan data yang diperoleh ketika penulis mengadakan interview dengan guru mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep. Selanjutnya data hasil interview tersebut dapat penulis paparkan sebagai berikut :
a.       Pada pertamakali diterapkan metode demonstrasi dan tanya jawab, efektifitasnya sangat rendah, terbukti dengan banyaknya tantangan dan hambatan – hambatan. Hal ini karena guru maupun siswa belum terbiasa dengan metode tersebut. Juga kurangnya media atau alat peraga.
b.      Upaya yang dilakuakan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa cukup baik. Seperti halnya guru membuat peta konsep terlebih dahulu, memberikan materi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan memberikan evaluasi sesuai dengan tuajuan pembelajaran.
3.      Data hasil dokumentasi
a.     Struktur organisasi Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep. (Lampiran 9)
b.    Struktur tenaga edukataif karyawan Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep. (Lampiran 10)
c.     Data siswa yang menjadi responden penelitian (Lampiran 8)
d.    Hal-hal yang berkaitang dengan data yang diperlukan seperti denah sekolah, kalender pendidikan dapat dilihat pada lampiran 12 dan 13
4.      Data hasil angket
Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode demonstrasi dan tanya jawab terhadap tingkat pemahaman siswa, penelitian menggunakan metode angket. Dengan vareabel (X) ada 7 butir sedangkan untuk vareabel (Y) ada 8 butir. Sedangkan teknik dalam memberi skor angket penulis penulis menggunakan peringkat 3, 2 dan 1 dengan alternatif a = 3, b = 2 dan c = 1.
5.   Data Hasil Tes
Untuk mengetahui lebih lanjut data hasil tes tentang tingkat pemahaman siswa pada materi fiqih. Maka penulis sajikan dalam bentuk tabel di bawah ini :
TABEL 1
DATA HASIL ANGKET TENTANG
METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB



















NO
Nomor Item
Frekuensi Jawaban
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
a
b
c
1
a
a
a
a
a
b
b
a
a
b
b
c
c
c
a
8
4
3
2
c
c
b
b
a
b
a
b
a
b
c
a
c
c
c
4
5
6
3
a
a
b
b
b
b
b
a
b
a
c
c
a
c
c
5
6
4
4
a
a
a
a
a
b
b
a
a
a
b
a
c
c
c
9
3
3
5
a
a
a
b
a
a
c
c
c
c
c
c
c
c
c
5
1
9
6
b
b
a
a
b
b
a
a
b
a
a
b
a
a
b
8
7
0
7
a
a
a
a
a
a
a
a
c
c
c
a
b
b
b
9
3
3
8
a
a
a
a
b
a
a
a
a
c
c
c
c
c
c
8
1
6
9
a
a
a
a
a
a
a
a
b
b
b
b
b
b
b
8
7
0
10
a
a
a
a
a
c
c
c
c
c
b
b
b
b
b
5
5
5
11
a
a
a
b
b
b
a
a
a
a
c
c
c
a
a
9
3
3
12
a
a
a
a
a
b
b
b
b
b
a
a
a
a
c
9
5
1
13
b
b
b
a
c
c
a
a
a
c
a
a
a
a
c
8
3
4
14
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
5
5
5
15
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
8
7
0
16
a
b
a
b
a
b
a
a
b
c
c
c
c
c
c
4
5
6
17
c
b
c
b
b
b
a
b
a
b
c
c
c
c
c
2
6
7
18
a
a
a
a
c
a
b
c
c
c
c
c
c
a
c
6
1
8
19
a
a
a
c
c
c
a
a
a
a
a
c
c
c
a
9
3
3
20
c
c
c
c
c
c
c
a
b
c
c
b
b
b
b
1
5
9
21
a
a
b
a
a
a
c
c
c
c
c
c
c
c
c
5
1
9
Sumber data: hasil angket siswa



 
TABEL 2

FREKUENSI DAB SKOR ANGKET TENTANG

METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB (VAREBEL X)










NO
HASIL ANGKET
SKOR ANGKET
JUMLAH

a
b
c
ax3
bx2
cx1

1
8
4
3
24
8
3
35

2
4
5
6
12
10
6
28

3
5
6
4
15
12
4
31

4
9
3
3
27
6
3
36

5
5
1
9
15
2
9
26

6
8
7
0
24
14
0
38

7
9
3
3
27
6
3
36

8
8
1
6
24
2
6
32

9
8
7
0
24
14
0
38

10
5
5
5
15
10
5
30

11
9
3
3
27
6
3
36

12
9
5
1
27
10
1
38

13
8
3
4
24
6
4
34

14
5
5
5
15
10
5
30

15
8
7
0
24
14
0
38

16
4
5
6
12
10
6
28

17
2
6
7
6
12
7
25

18
6
1
8
18
2
8
28

19
9
3
3
27
6
3
36

20
1
5
9
3
10
9
22

21
5
1
9
15
2
9
26

Jumlah Total
671








TABEL 7
SKOR TES TENTANG TINGKAT PEMAHAMAN SISWA
PADA MATA PELAJARAN FIQIH (VAREBEL Y)
No
NO Item
Skor
Subjek
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
2
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
3
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
4
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
5
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
6
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
7
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
8
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
9
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
10
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
9
11
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
12
1
0
1
1
0
0
1
1
1
1
7
13
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
14
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
15
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
16
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
9
17
1
1
1
1
1
1
1
0
1
0
8
18
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
19
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
9
20
1
0
1
0
1
1
0
1
1
1
7
21
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
8
Jumlah
188
Sumber Data: Hasil tes siswa




D.    Analisis Data
Setelah data hsil angket dan tes di klasifikasikan sebagaimana terlihat pada tabel di atas, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan menggunakan rumus korelasi product momen. Namun sebelum dianalisis, data hasil angket dan tes tersebut masih bersifat mentah, hal itu perlu diolah terlebih dahulu dengan memasukkan kedalam tabel persiapan menghitung ”r” kerja sehigga memudahkan di dalam menganalisisnya.
Adapun langkah-langkah penghitungan dapat di uraikan sebagai berikut:
1.      Menjumlah masing-masing skor vareabel X dan vareabel Y
2.      Mencari nilai rata-rata (mean) vareabel X dan vareabel Y, dengan rumus:
        ∑x
X =                                    
        N
        ∑y
Y =                                    
                    N

3.      Menghitung deviasi x dengan rumus : x = xx-
Menghitung deviasi y dengan rumus: Y = y- y-
4.      Mengkuadaratkan x menjadi x2 dan menjumlahkannya.
Mengkuadaratkan y menjadi y2 dan menjumlahkannya.
5.      Mengalikan x dengan y menjadi xy dan menjumlahkannya.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:
TABEL 8
PERHITUNGAN KORELASI ANTARA PENGARUH PENGGUNAAN
METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB TERHADAP TINGKAT
PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FIQIH










NO Resp
X
Y
Rata2 X
Rata2 Y
x
y
x2
y2
xy
1
35
9
31.95
8.95
3.05
0.05
9.30
0.00
0.15
2
28
8
31.95
8.95
-3.95
-0.95
15.60
0.90
3.75
3
31
10
31.95
8.95
-0.95
1.05
0.90
1.10
-1.00
4
36
10
31.95
8.95
4.05
1.05
16.40
1.10
4.25
5
26
8
31.95
8.95
-5.95
-0.95
35.40
0.90
5.65
6
38
10
31.95
8.95
6.05
1.05
36.60
1.10
6.35
7
36
10
31.95
8.95
4.05
1.05
16.40
1.10
4.25
8
32
9
31.95
8.95
0.05
0.05
0.00
0.00
0.00
9
38
10
31.95
8.95
6.05
1.05
36.60
1.10
6.35
10
30
9
31.95
8.95
-1.95
0.05
3.80
0.00
-0.10
11
36
10
31.95
8.95
4.05
1.05
16.40
1.10
4.25
12
38
7
31.95
8.95
6.05
-1.95
36.60
3.80
-11.80
13
34
10
31.95
8.95
2.05
1.05
4.20
1.10
2.15
14
30
9
31.95
8.95
-1.95
0.05
3.80
0.00
-0.10
15
38
10
31.95
8.95
6.05
1.05
36.60
1.10
6.35
16
28
9
31.95
8.95
-3.95
0.05
15.60
0.00
-0.20
17
25
8
31.95
8.95
-6.95
-0.95
48.30
0.90
6.60
18
28
8
31.95
8.95
-3.95
-0.95
15.60
0.90
3.75
19
36
9
31.95
8.95
4.05
0.05
16.40
0.00
0.20
20
22
7
31.95
8.95
-9.95
-1.95
99.00
3.80
19.40
21
26
8
31.95
8.95
-5.95
-0.95
35.40
0.90
5.65
N
671
188


0.05
0.05
498.95
20.95
65.95
Rata2
31.95
8.95







Berdasarkan tabel persiapan menghitung r kerja diatas diketahui bahwa :
MX=∑X/N = 671/21= 31.95
MY=∑Y/N = 188/21= 8.95
=  498.95
= 20.95
= 65.95
Kemudian untuk menganalisis angka – angka tersebut diatas dimasukkan kedalam rumus korelasi product moment, yaitu sebagai berikut :
rxy       
           
           
              
 = 0,645
            Jadi nilai rxy = 0,645
E.     Pembuktian Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Ha :     Ada pengaruh metode Demonstrasi dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
Ho :     Tidak ada pengaruh medote Demonstrasi dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
Dari hasil penelitian menghitung “r” kerja di atas, ternyata hasilnya adalah 0,645 sedangkan taraf signifikan dapat diketahui pada tabel statistik korelasi Product Moment dengan responden sebanyak 21 (db = N – 2 = 19) yaitu harga kritik “r” 95% adalah 0,433 sedangkan “r” kerja adalah 0,645. “r” kerja kemudian dikonsultasikan dengan “r” tabel korelasi Product Moment. Hasilnya adalah “r” kerja > “r” tabel. Dengan kata lain 0,645 > 0,433.
Untuk tabel harga kritik dari r Product Moment selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 9 : Tabel Harga Kritik dari r Product Moment
N
Interval Kepercayaan
95 %
99 %
1
0,997
0,999
2
0,950
0,990
.....
.....
.....
…..
…..
…..
18
0,444
0,561
19
0,433
0,549
20
0,423
0,537
 (dikuti dari Arikunto, 2006:359)

Keterangan :
db =  N (Jumlah Responden) – 2 = 21 – 2 = 19


Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) dalam penelitian ini ditolak dengan kata lain Ha (Hipotesis Alternatif) diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh metode Demonstrasi dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
F.      Pembahasan
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis paparkan di atas menunjukkan bahwa metode Demonstrasi dan Tanya Jawab mempunyai pengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012. Hal ini dibuktikan dengan nilai ”r” kerja yaitu 0,645 > ”r” tabel yaitu 0,433.
 Untuk mengukur tingkat korelasi Product Moment yang diperoleh, digunakan tabel interpretasi nilai r, yaitu sebagai berikut:
Tabel 10 : Tabel Interpretasi Nilai r
Besarnya Nilai r
Interpretasi
Antara 0,800 sampai degan 1,00
Antara 0,600 sampai degan 0,800
Antara 0,400 sampai degan 0,600
Antara 0,200 sampai degan 0,400
Antara 0,000 sampai degan 0,200
Tinggi
Cukup
Agak Rendah
Rendah
Sangat Rendah (Tak Berkorelasi
(dikuti dari Arikunto, 2006:276)
Hasil “r” kerja dalam penelitian ini yaitu 0,645 berada antara 0,600 s/d 0,800 yang menunjukkan korelasi Cukup.
Jadi metode Demonstrasi dan Tanya Jawab mempunyai pengaruh CUKUP terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Lenteng Sumenep 2011-2012.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Contoh Hasil Penelitian dan Pembahasan Skripsi. Please share...!

Back To Top