Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian, definisi dan Komponen Motivasi

Pengertian Motivasi

Kalau diperhatikan dengan sungguh-sungguh pada aktifitas maka ada beberapa aspek yang menyangkut kehidupan manusia, antara lain setiap tingkah laku manusia akan mengarah pada suatu tujuan tertentu disamping terlihat adanya hak kekuatan pendorong dibalik tindakan dan tingkah laku seseorang.

Jadi aktifitas manusia di sini bukan semata-mata kejadian yang terjadi dengan begitu saja, akan tetapi ada faktor pendorong dan akan selalu mengarah pada tujuan tertentu atau ungkapan lain bahkan setiap manusia yang bertingkah laku adalah merupakan realiatas yang motifnya terkandung dalam diri seseorang yang merupakan refleksi motivasi yang mendasarinya.
Banyak para ahli yang sudah mengemukakan pengertian motivasi dengan berbagai sudut pandang mereka masing-masing. Namun artinya sama, yakni sebagai suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktifitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu.
Mc. Donold mengatakan bahwa motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Perubahan energi dalam diri seseorang itu berbentuk suatu aktifitas nyata berupa kegiatan fisik. Karena seseorang mempunyai tujuan tertentu dari aktifitasnya, maka seseorang mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapainya dengan segala yang dapat dilakukan.
Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktifitas belajar. Hal ini merupakan suatu pertanda, bahwa sesuatu yang akan dikerjakan itu tidak menyentuh kebutuhannya. Segala sesuatu yang menarik minat orang lain belum tentu menarik minat orang tertentu selama sesuatu itu tidak bersentuhan dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, apa yang seseorang lihat sudah tentu akan membangkitkan minatnya sejauh apa yang ia lihat itu mempunyai hubungan dengan kepentingan sendiri.
Motivasi adalah motivasi yang menjadi aktif pada saat-saat tertentu, motivasi berkaitan erat dengan penghayatan suatu kebutuhan, dorongan untuk memenuhi kebutuhan, bertingkah laku tertentu untuk memenuhi kebutuhan dan pencapaian tujuan yang memenuhi kebutuhan itu.
Adapun menurut Drs. Syaiful Bahri Djamara motivasi adalah suatu dorongan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu bila terkait dengan kebutuhannya. Dengan kata lain kebutuhan inilah sebagai pendorong seseorang untuk melakukan suatu aktivitas.
Bagi James O. Whittaker motivasi adalah kondisi-kondisi atau keadaan yang mengaktifkan atau memberi dorongan kepada makhluk untuk bertingkah laku untuk mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi tersebut. Sedangkan menurut Drs. Ngalim Poerwanto MP. Motivasi adalah “pendorong”. Suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.
Menurut kebanyakan definisi, motivasi mengandung tiga komponen pokok, yaitu menggerakkan, mengarahkan, dan menupang tingkah laku manusia.
1.    Menggerakkan berarti menimbulkan kekuatan pada individu: memimpin seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu. Misalnya kekuatan dalam hal ingatan, respon-respon efektif, dan kecenderungan mendapat kesenangan.
2.    Motivasi juga mengarahkan atau menyalurkan tingkah laku. Dengan demikian ia menyediakan suatu orientasi tujuan. Tingkah laku individu diarahkan terhadap sesuatu.
3.    Untuk menjaga dan menupang tingkah laku, lingkungan sekitar harus menguatkan intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu.
Sejalan dengan apa yang telah diuraikan di atas Hoy dan Miskel dalam bukunya Educational Administration mengemukakan bahwa motivasi dapat didefinisikan sebagai kekuatan-kekuatan yang kompleks. Dorongan-dorongan, kebutuhan-kebutuhan, pernyataan-pernyataan, ketagangan antara mikanisme-mikanisme lainnya yang memulai dan menjaga kegiatan-kegiatan yang diinginkan ke arah pencapaian tujuan-tujuan personal. Sedangkan pengertian motivasi itu sendiri yaitu suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan, dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.
Menurut seorang ahli ilmu jiwa dalam memotivasi ada suatu hierarki, yaitu motivasi itu mempunyai tingkatan-tingakatan yakni:
One.                   Kebutuhan fsiologis
Two.                  Kebutuhan akan keamanan
Three.              Kebutuhan akan cinta dan kasih
Four.                 Kebutuhan untuk mewujudkan diri sendiri.
Thomas M Risk mengemukakan tentang motivasi adalah usaha yang disadari oleh pihak buruh untuk menimbulkan motif-motif pada diri murid yang menunjang kegiatan ke arah tujuan-tujuan tertentu.

Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Pengertian, definisi dan Komponen Motivasi. Please share...!

Back To Top