Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Manajemen merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa unsur yang saling berhubungan antara unsur satu dengan unsur lainnya sehigga membentuk suatu kesatuan yang utuh yang bergerak bersama-sam menuju ke suatu tujuan pokok.
Satu hal yang tidak boleh dilupakan setelah diketahui arti dan tujuan dari manajemen pendidikan adalah bidang garapan manajemen itu sendiri. Bidang garapan manajemen itu menyangkut alat-alat manajemen (tool of management) yang terdiri dari :
a)      Men : yaitu tenaga kerja manusia bik tenaga kerja eksklusif maupun tenaga kerja operatif.
b)      Money : Uang dibutuhkan untuk mencapai tjuan yang diinginkan.
c)      Methode : Cara-cara yang digunakan alam usaha mencapai tujuan.
d)     Materials : baha-bahan yang diperlukan untuk mencapi tujuan.
e)      Machines : Mesin-mesin atau alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan
f)       Market : pasar untuk menjual out put atau produkl dan jasa-jasa yang dihasilkannya.
Keenam unsur manajemen tesebut diatas juga berlaku dalam manajmen pendidikan. Dalam dunia pendidikan, men berrti personalia pendidikan baik sebagai objek maupun sebagai subjek yang meliputi kepla sekolah, guru-guru, para karyawan dan siswa-siswi. Untuk lingkungan forml di sekolah, money merupakan dana yang dibutuhkan dalam proses manajemen pendidikan agr pencapian tujuan pendidikan lebih efektif. Dana pendidikan biasanya diperoleh dari pemerintah, uang SPP dan komite sekolah.
Methode adalah cara yang diterapkan dalam pelaksanaan manajemen, misalnya cara melakukan pembgian tugas kepada personalia pendidikan agar proporsional. Material merupakan bahan yang diperlukan untuk melaksnakan manajemen, misalnya seorang guru ketika menyusul satpel memerlukan materi yang diambil dari GBPP dengan materi tersebut guru hendak mentransfer nilai-nilai luhur yang ada di dalamnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Machines dalam dunia pendidika termasuk sarana dan prasarana pendidikan seperti komputer, perpustakaan, ruang pertemuan dan sebagainya. Yang merupakan alat untuk memperlancar tujuan pendidikan. Sedangkan markets (pasar) berarti lapangan kerja yng dibutuhkan oleh produk pendidikan
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Please share...!

Back To Top