Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Prinsip pendidikan Islam adalah pendidikan yang seimbang

Prinsip pendidikan Islam adalah pendidikan yang seimbang

a.      Keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat.
Kemajuan yang ingin dicapai dalam pendidikan islam tidaklah diukur dengan penguasaan atau supremasi atas segala kepentingan duniawi saja akan tetapi sampai dimana kehidupan dunia memberikan asset untuk di akhirat kelak. Dua sasaran pokok yang akan dicapai oleh pendidikan Islam yaitu kebahagiaan dunia dan kesejahteraan diakhirat.[1]

b.      Keseimbangan antara jasmani dan rohani.
Suatu kenyataan yang tidak busa di ingkari bahwa lahir kedunia ini di bekali dengan kecenderungan penbawaan daya imaginasi dan akal yang berbeda. Perbedaan ini dalam spikologi disebut al-farq al-fardiyah yang meliputi aspek fisik dan spikis (jasmani dan rohani). Pendidikan Islam memperhatikan perbedaan fisik dan spikis seorang sebagai salah satu factor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun program kependidikan.

c.       Keseimbangan antara individu dan masyarakat
Di sisi lain pendidikan Islam berusaha pula mengembangkan aspek kemasyarakatan berupa kasih mengasihi, hormat menghormati sesame muslim. Perasaan seperti itu apabila sudah tertanam dalam jiwa seseorang dapat menimbulkan tindakan positif berupa tolong menolong, menjauhkan segala sesuatu yang dapat merugikan orang lain.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Prinsip pendidikan Islam adalah pendidikan yang seimbang. Please share...!

Back To Top