Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Prinsip pendidikan Islam adalah pendidikan yang berasas

Prinsip pendidikan Islam adalah pendidikan yang  berasas

Prinsippendidikan islam juga di tegakkan di atas dasar yang sama dan berpangkal dari pandangan islam secara filosofis terhadap jagad raya,manusia, masyarakat, dan ilmu pengetahuan dan akhlak. Pandangan islam terhadap masalah-masalah tersebut, melahirkan berbagai prinsip dalam pendidikan islam. Adapun prinsip-prinsip yang di maksud adalah:

a.      Fitrah.
Fitrah  manusia adalah mempercayai adanya Allah SWT sebagai tuhan. Fitrah manusia percaya kepada tuhan berarti manusia mempunyai potensi aktualisasi sifat-sifat tuhan ke dalam diri manusia yang harus dipertanggungjawabkan sebagai amanah Allah dalam bentuk ibadah. Ibadah merupakan tinjauan manusia di ciptakan.

b.      Kesatuan roh dan jasad (wadah al-ruh wa al-jismi).
Manusia tersusun dari dua unsur yaitu (1) roh, dan (2) jasad. Dari segi jasad sebagai karakteristik manusia sama dengan binatang, sama-sama memiliki dorongan untuk berkembang dan mempertahankan diri serta keturunan. Namun dari segi roh manusia manusia sama sekali berbeda dengan makhluk lain, Allah menyempurnakan kejadian manusia meniupkan roh ketika struktur jasad manusia untuk menerimanya.
c.     Manusia memiliki karakter kebebasan berkehendak (huriyah al-iradah) dalam aspek kehidupannya.

 Kebebasan sebagai karakteristik manusia meliputi berbagai dimensi seperti kebebasan dalam beragama, berbuat, mengeluarkan pendapat, memiliki, berpikir, berekspresi, dan sebagainya. Dalam Prinsip pendidikan islam ini adalah pendidikan integral dan teradu pendidikan islam tidak mengenal adanya pemisahan antara sains dan agama. Penyatuan antara dua sistempendidikan adalah tuntutan aqidah islam. Allah dalam doktrin ajaran islam adalah pencipta alam semesta termasuk manusia. Dia pula yang menurunkan hokum-hukum untuk mengelola dan melestarikannya
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Prinsip pendidikan Islam adalah pendidikan yang berasas. Please share...!

Back To Top