Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

TEKNIK ANALISIS DATA SKRIPSI


TEKNIK ANALISIS DATA SKRIPSI
Analis data dalam penelitian merupakan kegiatan yang sangat penting yang didalamnya dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian terhadap data yang telah dihasilkan. Melalui analis data, data yang terkumpul dalam bentuk data mentah dapat diproses secara baik untuk menghasilkan data yang matang.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisisdata secara diskriptif yang diperoleh melalui pendekatan kualitatif, dimana data-data yang

telah dihasilkan dari penelitian dan kajian, baik secara teoritis dan empiris yang digambarkan melalui kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas.
Adapun langkah-langkah analisis data menurut Usman dan Akbar, yaitu:
1.      Reduksi data
Yaitu proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyerderhanaan, pengabstrakan dan transformasi data “kasar” yang muncul dari catatan-catatan tertulis dilapangan. Reduksi data merupakanbentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan mengorganisasi data dengan cara yang sedemikian rupa sehingga kesimpulan finalnya dapat ditarik dan di verifikasi.
2.      Display data
Ialah menyajikan data dalam bentuk matrik, yaitu data yang disusun kemudian dipilih nama yang akan digunakan, chart atau grafik dan sebagainya. Dengan demikian peneliti dapat menguasai data dan tidak terbenam dengan setumpuk data.
  1. Pengambilan kesimpulan dan verifikasi
Data yang sudah diperolah tersebut dicari maknanya dengan cara mencari pula, model, tema, hubungan, persamaan, hal-hal yang sering muncul, dan sebagainya. Data yang didapat peneliti mencoba mengambil kesimpulan. Sedang verifikasi dapat dilakukan dengan singkat yaitu dengan cara mengumpulkan data yang baru.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading TEKNIK ANALISIS DATA SKRIPSI. Please share...!

Back To Top