Materi
Pendidikan Agama
Ajaran pendidikan agama Islam sangat luas dan
universal sebab mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik yang berhubungan
dengan kholiqNya maupun sesama mahluk.
Pada
dasarnya materi Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi tiga kelompok yaitu :
- Aqidah
(KeImanan)
- Syari’ah
(keIslaman)
- Ahlaq
(Budi pekerti)
Ketiga ajaran agama Islam itu
kemudian di jabarkan dalam bentuk rukun iman, rukun Islam dan ahlaq. Namun
untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Materi Pendidikan Agama Islam ini menjadi 5
bagian yang menunjukan ke khususanya dari
lembaga pendidikan lain (SLTP). Adapun lima
bagian tersebut adalah :
- Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab untuk
Madrasa Tsanawiyah termasuk kategori mata pelajaran PAI, tetapi secara tidak
langsung terkait denganya. Mata pelajaran ini dimaksudkan untuk memberikan
bekal pengetahuan dan kemampuan menggunakan bahasa Arab baik untuk memahami
ajaran Islam dari sumber utamanya maupun sebagai bekal dasar bagi pengembangan
lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Mata
Pelajaran Fiqih
Mata pelajaran fiqih dimaksudkan
untuk memberi bekal pengetahuan dan kemampuan mengamalkan ajaran Islam dalam
aspek khusu’, baik berupa ajaran ibadah, jenazah, mu’amalah, fara’id, atho’imah
(hukum makan dan minuman), munakahat dan pokok-pokok ilmu Ushul Fiqih.
3. Al-Qur’an Hadist
Al-Qur’an Hadist merupakan bagian
dari mata pelajaran pendidikan agama Islam yang memberikan pendidikan untuk
memahami dan mengamalkan Al-Qur’an
sehingga mampu membaca dengan fasih, menerjemahkan menyimpulkan isi kandungan
sebuah ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyalin dan menghafal ayat-ayat terpilih
serta memahami dan mengamalkan Hadist-Hadist pilihan sebagai pendalaman dan
perluasan bahan kajian jenjang pendidikan berikutnya.
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist ini
berfungsi untuk mengarahkan pemahaman
dan penghayatan pada isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist yang
diharapkan mampu untuk mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan
perilaku yang memancarkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, yang sesuai dengan
tuntutan Al-Qur’an dan Al-Hadist.
4.
Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran ini dimaksudkan
memberikan bekal kemampuan untuk peserta didik untuk memahami diri sebagai
muslim, serta menumbuhkan kesadaran dengan gairah Islamiyah bahkan kajiannya
mencakup sejarah Nabi dan pekembangan Islam pada masa sesudahnya, serta
perkembangan peradapan dan budaya umatIslam sejak masa Nabi sampai sekarang.
5. Aqidah Ahlaq
Mata pelajaran ini merupakan sub
mata pelajaran yang membahas tentang ajaran agama Islam dalam segi Aqidah dan
ahlaq, serta merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang
memberikan bimbingan kepada siswa untuk memahami, menghayati, meyakini
kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Mata pelajaran Aqidah ahlaq
dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan pemahaman dan penghayatan tentang
keimanan dan nilai-nilai ahlaq yang merupakan dasar utama dalam membentuk
kepribadian muslim, dengan mengarahkan peserta didik menjadi manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan berbudi pekerti yang luhur.