Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Materi Pendidikan Agama


Materi Pendidikan Agama

            Ajaran pendidikan agama Islam sangat luas dan universal sebab mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik yang berhubungan dengan kholiqNya maupun sesama mahluk.
            Pada dasarnya materi Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi tiga kelompok yaitu :
  1. Aqidah (KeImanan)
  2. Syari’ah (keIslaman)
  3. Ahlaq (Budi pekerti)
Ketiga ajaran agama Islam itu kemudian di jabarkan dalam bentuk rukun iman, rukun Islam dan ahlaq. Namun untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Materi Pendidikan Agama Islam ini menjadi 5 bagian yang menunjukan ke khususanya  dari lembaga pendidikan lain (SLTP). Adapun lima bagian tersebut adalah :
    1. Mata Pelajaran Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasa Tsanawiyah termasuk kategori mata pelajaran PAI, tetapi secara tidak langsung terkait denganya. Mata pelajaran ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan menggunakan bahasa Arab baik untuk memahami ajaran Islam dari sumber utamanya maupun sebagai bekal dasar bagi pengembangan lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
    1. Mata Pelajaran Fiqih
Mata pelajaran fiqih dimaksudkan untuk memberi bekal pengetahuan dan kemampuan mengamalkan ajaran Islam dalam aspek khusu’, baik berupa ajaran ibadah, jenazah, mu’amalah, fara’id, atho’imah (hukum makan dan minuman), munakahat dan pokok-pokok ilmu Ushul Fiqih.
3. Al-Qur’an Hadist
Al-Qur’an Hadist merupakan bagian dari mata pelajaran pendidikan agama Islam yang memberikan pendidikan untuk memahami dan mengamalkan  Al-Qur’an sehingga mampu membaca dengan fasih, menerjemahkan menyimpulkan isi kandungan sebuah ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyalin dan menghafal ayat-ayat terpilih serta memahami dan mengamalkan Hadist-Hadist pilihan sebagai pendalaman dan perluasan bahan kajian jenjang pendidikan berikutnya.
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist ini berfungsi untuk  mengarahkan pemahaman dan penghayatan pada isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist yang diharapkan mampu untuk mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan perilaku yang memancarkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, yang sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan Al-Hadist.
4.  Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran ini dimaksudkan memberikan bekal kemampuan untuk peserta didik untuk memahami diri sebagai muslim, serta menumbuhkan kesadaran dengan gairah Islamiyah bahkan kajiannya mencakup sejarah Nabi dan pekembangan Islam pada masa sesudahnya, serta perkembangan peradapan dan budaya umatIslam sejak masa Nabi sampai sekarang.
5. Aqidah Ahlaq
Mata pelajaran ini merupakan sub mata pelajaran yang membahas tentang ajaran agama Islam dalam segi Aqidah dan ahlaq, serta merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memberikan bimbingan kepada siswa untuk memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Aqidah ahlaq dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan pemahaman dan penghayatan tentang keimanan dan nilai-nilai ahlaq yang merupakan dasar utama dalam membentuk kepribadian muslim, dengan mengarahkan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan berbudi pekerti yang luhur.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Materi Pendidikan Agama. Please share...!

Back To Top