1.
Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah sebuah kalimat
yang terdiri dari dua kata, yaitu prestasi dan belajar. Antara kata prestasi
dan belajar mempunyai arti yang berbeda. Oleh karena itu sebelum kita
membicarakan pengertian prestasi dan pengertian belajar lebih baik kita
membicarakan pengertian prestasi dan pengertian belajar telebih dahulu.
Pengertian prestasi menurut para ahli
adalah:
a.
WJS. Poerwadarminta berpendapat bahwa prestasi
adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya).[1]
b.
Mas'ud Khasan Abdul Qahar, memberi batasan
prestasi dengan apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang
menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja.[2]
Dari pengertian prestasi yang telah
dibahas sebelumnya dapat disimpulkan bahwa pengertian prestasi adalah hasil
dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati
yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja.
Sedangkan belajar adalah sebagai
perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan. Dan belajar membawa sesuatu
perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan melainkan juga dalam
bentuk kecakapan, kebiasaaan, sikap, pengertian, penghargaan, minat, penyesuaian
diri, pendeknya mengenai segala aspek organisme atau pribadi seseorang yang
sedang belajar itu tidak sama lagi dengan saat sebelumnya, karena itu lebih
sanggup menghadapi kesulitan memecahkan masalah atau menambah pengetahuannya,
akan tetapi dapat pula menerapkannya secara fungsional dalam situasi-situasi
hidupnya.
Adapun pengertian belajar menurut Morgan
adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi
sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.[3]
Sedangkan menurut Athur T. Jersild,
belajar adalah perubahan tingkah laku karena pengalaman dan latihan.[4]
Dari definisi di atas, dapat dikemukakan
bahwa ciri-ciri belajar adalah sebagai berikut:
a.
Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah
laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik,
tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada tingkah laku yang lebih buruk
b.
Belajar merupakan suatu perubahan yang tejadi
melalui latihan atau pengalaman, dalam arti perubahan-perubahan yang disebabkan
oleh pertumbuhan atau kematangan tidak dianggap sebagai hasil belajar, seperti
perubahan-perubahan yang terjadi pada diri seorang bayi.
c.
Untuk dapat disebut sebagai belajar, maka
perubahan itu harus relatif mantap, harus merupakan akhir dari suatu periode
waktu yang cukup panjang. Berapa lama periode waktu itu berlangsung sulit
ditentukan dengan pasti, tetapi perubahan itu hendaknya merupakan akhir dari
suatu periode yang mungkin berlangsung berhari-hari, berbulan-bulan, ataupun
bertahun-tahun. Ini berarti kita harus mengesampingkan perubahan-perubahan
tingkah laku yang disebabkan oleh kelelahan, adaptasi, ketajaman perhatian atau
kepekaan seseorang yang biasaanya hanya berlangsung sementara.
Setelah kita mengetahui pengertian
prestasi dan pengertian belajar, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian
prestasi belajar adalah hasil yang doperoleh berupa kesan-kesan yang
mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktifitas
belajar.