Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Metode Pengumpulan Data dan Sumber Data


a.       Observasi
Observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan dengan sistematik fenomena-fenomena yang diselidiki. Dalam arti yang luas observasi sebenarnya tidak hanya terbatas kepada pengamatan yang dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dalam hal ini peneliti menggunakan metode observasi langsung yaitu mengadakan pengamatan dan pencatatan dalam situasi yang sebenarnya. Metode ini digunakan peneliti untuk memperoleh informasi tentang keadaan obyek penelitian.
b.      Interview / Wawancara
 Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan jalan Tanya jawab  yang dilaksanakan secara sistematik dan berlandaskan pada tujuan penyelidikan.37

Metode ini digunakan untuk memperoleh informasi tentang pola interaksi guru dan murid serta proses pelaksanaan peningkatan kedisiplinan siswa.  Dalam dalam hal ini mengadakan interview dengan pihak sekolah yang meliputi: kepala sekolah, wakasek kesiswaan dan  koordinator BP / BK.
c.       Angket
Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Metode Pengumpulan Data dan Sumber Data. Please share...!

Back To Top