Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Prestasi Belajar Sebagai Alat Motivasi

Prestasi Belajar Sebagai Alat Motivasi

Dalam belajar, motivasi memegang peranan penting karena motivasi sebagai pendorong siswa dalam belajar. Intensitas belajar siswa sudah tentu dipengaruhi oleh motivasi siswa yang ingin mengetahui sesuatu dari apa yang dipelajarinya adalah sebagai tujuan yang ingin siswa capai selama belajar, karena siswa mempunyai tujuan ingin mengetahui sesuatu itulah akhirnya siswa terdorong untuk mempelajarinya.

Oleh karena itu, motivasi tidak bisa dipisahkan dari aktifitas belajar siswa. Siswa tidak akan mempelajari sesuatu bila hal itu tidak menyentuh kepada kebutuhannya. Kebutuhan dan motivasi adalah dua hal yang saling berhubungan, sebab manusia hidup pada dasarnya tidak terlepas dari berbagai kebutuhan. Kebutuhan itulah nantinya mendorong manusia untuk senantiasa berbuat dan mencari sesuatu. Menurut Morgan, manusia hidup memiliki kebutuhan-kebutuhan. Yakni kebutuhan untuk berbuat untuk suatu aktifitas, kebutuhan untuk menyenangkan orang lain, kebutuhan untuk mencapai hasil, dan kebutuhan untuk mengatasi kesulitan.

Seluruh aktifitas belajar siswa adalah untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik, setiap siswa pasti tidak ingin memperoleh prestasi belajar yang jelek. Oleh karena itu, setiap siswa berlomba-lomba untuk mencapainya dengan suatu usaha yang dilakukan seoptimal mngkin. Dalam hal yang demikian maka prestasi belajar bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang memunculkan motivasi dari dalam diri siswa untuk selalu belajar.

Menurut Sardiman A.M. Kebutuhan ini timbul karena ada keadaan yang tidak seimbang, tidak serasi atau ketegangan yang menuntut suatu kekuasaan. Banyak hal yang dijadikan sebagai alat untuk memotivasi siswa dalam belajar, karena banyaknya maka prestasi belajar hanya salah satu yang sering digunakan guru dalam pengajaran. Meskipun prestasi belajar dijadikan alat motivasi, namun tidak semua siswa termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar. Hal ini kemungkinan besar ada faktor-faktor lain yang menjadi kendalanya. Dalam hal ini bisa menyangkut faktor bahan pelajaran dan lingkungan untuk mengatasi hal ini guru bisa mempergunakan pendekatan edukatif lainnya.


Namun bagaimanapun macam-macam dan bentuk-bentuk motivasi itu tidak lain adalah dalam usaha bagaimana agar siswa dapat memotivasi dirinya, sehingga siswa/siswi memperoleh kemajuan dalam belajarnya di sekolah. Oleh karena itu, cukup beralasan bila prestasi belajar dijadikan sebagai salah satu alat untuk memotivasi siswa dalam belajar.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Prestasi Belajar Sebagai Alat Motivasi. Please share...!

Back To Top