Prestasi Belajar Sebagai Alat Motivasi
Dalam belajar, motivasi memegang peranan penting karena motivasi
sebagai pendorong siswa dalam belajar. Intensitas belajar siswa sudah tentu
dipengaruhi oleh motivasi siswa yang ingin mengetahui sesuatu dari apa yang
dipelajarinya adalah sebagai tujuan yang ingin siswa capai selama belajar,
karena siswa mempunyai tujuan ingin mengetahui sesuatu itulah akhirnya siswa
terdorong untuk mempelajarinya.
Oleh karena itu, motivasi tidak bisa dipisahkan dari
aktifitas belajar siswa. Siswa tidak akan mempelajari sesuatu bila hal itu
tidak menyentuh kepada kebutuhannya. Kebutuhan dan motivasi adalah dua hal yang
saling berhubungan, sebab manusia hidup pada dasarnya tidak terlepas dari
berbagai kebutuhan. Kebutuhan itulah nantinya mendorong manusia untuk
senantiasa berbuat dan mencari sesuatu. Menurut Morgan, manusia hidup memiliki
kebutuhan-kebutuhan. Yakni kebutuhan untuk berbuat untuk suatu aktifitas,
kebutuhan untuk menyenangkan orang lain, kebutuhan untuk mencapai hasil, dan
kebutuhan untuk mengatasi kesulitan.
Seluruh aktifitas belajar siswa adalah untuk mendapatkan
prestasi belajar yang baik, setiap siswa pasti tidak ingin memperoleh prestasi
belajar yang jelek. Oleh karena itu, setiap siswa berlomba-lomba untuk
mencapainya dengan suatu usaha yang dilakukan seoptimal mngkin. Dalam hal yang
demikian maka prestasi belajar bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang
memunculkan motivasi dari dalam diri siswa untuk selalu belajar.
Menurut Sardiman A.M. Kebutuhan ini timbul karena ada
keadaan yang tidak seimbang, tidak serasi atau ketegangan yang menuntut suatu
kekuasaan. Banyak hal yang dijadikan sebagai alat untuk memotivasi siswa dalam
belajar, karena banyaknya maka prestasi belajar hanya salah satu yang sering
digunakan guru dalam pengajaran. Meskipun prestasi belajar dijadikan alat
motivasi, namun tidak semua siswa termotivasi untuk meningkatkan prestasi
belajar. Hal ini kemungkinan besar ada faktor-faktor lain yang menjadi
kendalanya. Dalam hal ini bisa menyangkut faktor bahan pelajaran dan lingkungan
untuk mengatasi hal ini guru bisa mempergunakan pendekatan edukatif lainnya.
Namun bagaimanapun macam-macam dan bentuk-bentuk motivasi
itu tidak lain adalah dalam usaha bagaimana agar siswa dapat memotivasi
dirinya, sehingga siswa/siswi memperoleh kemajuan dalam belajarnya di sekolah.
Oleh karena itu, cukup beralasan bila prestasi belajar dijadikan sebagai salah
satu alat untuk memotivasi siswa dalam belajar.
Labels:
Pendidikan,
Pengajaran
Thanks for reading Prestasi Belajar Sebagai Alat Motivasi. Please share...!