Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (Prestasi Belajar)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (Prestasi Belajar)

Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibedakana atas dua jenis yaitu yang bersumber dari dalam diri manusia yang belajar, yang disebut sebagai faktor internal, dan faktor yang bersumber dari luar diri manusia yang belajar yang disebut sebagai faktor eksternal.
One.                       Faktor yang bersumber dari dalam diri manusia dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu faktor biologis dan faktor psikologis, yang dapat dikatagorikan sebagai faktor biologis antara lain usia, kematangan, kesehatan, sedangkan yang dapat dikatagorikan sebagai faktor psikologis adalah kelelahan, suasana hati, motivasi, minat, dan kebiasaan belajar.
Two.                      Faktor yang bersumber dari luar diri manusia yang belajar dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu faktor manusia dan faktor non manusia seperti alam benda, hewan dan lingkungan fisik.
Secara ringkas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar adalah:
Faktor Internal:
Biologis          :  Usia

                               Kematangan
       Kesehatan
Psikologis       :  Minat

       Motivasi
       Suasana hati
Faktor Eksternal:
Manusia          :  Di keluarga
       Di sekolah

       Di masyarakat
Non manusia  :  Udara

                          Suara

                          Bau-bauan.
Three.             faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
Menurut Drs. M. Nagalim Poerwanto M.P. Bahwa belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku atau kecakapan. Sampai dimanakah perubahan itu dapat tercapai atau dengan kata lain, berhasil baik atau tidaknya belajar itu tergantung kepada macam-macam faktor itu, dapat kita bedakan menjadi dua golongan.
1.    Faktor yang ada pada organisme itu sendiri yang kita sebut faktor individual
2.    Faktor yang ada di luar individu yang kita sebut faktor sosial yang termasuk ke dalam faktor individual antara lain: faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi dan faktor pribadi. Sedangkan yang termasuk faktor sosial antara lain faktor keluarga/keadaan rumah tangga, guna dan cara belajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia, dan motivasi sosial.
Secara global faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat kita bedakan menjadi 3 macam:
1.    Faktor Internal (faktor dari dalam siswa) yaitu keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa. Yakni faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang meliputi aspek-aspek yaitu; a) Apsek fisiologis (yang bersifat jasmaniah),        b) Aspek psikologis (yang bersifat rohaniah), yaitu tingkat kecerdasan/ intelegius siswa, sikap siswa, bakat, minat dan motivasi siswa.
2.    Faktor eksternal siswa
One.             Faktor Eksternal siswa terdiri atas dua macam yakni faktor lingkungan sosial sekolah seperti para guru, para staf administrasi dan teman-teman sekelas juga dapat mempengaruhi semangat belajar seorang siswa, para guru yang selalu menunjukkan sikap dan perilaku yang simpatik dan memperlihatkan suri tauladan yang baik dan rajin khususnya dalam hal belajar, misalnya rajin membaca dan berdiskusi, dapat menjadi daya dorong yang positif bagi kegiatan belajar siswa.
Two.            Lingkungan non sosial, ialah gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga siswa dan letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca dan waktu belajar yang digunakan siswa. Faktor ini menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa.
3.    Faktor Pendekatan Belajar
Faktor pendekatan belajar sangat memperngaruhi hasil belajar siswa, sehingga samakin mendalam cara belajar siswa maka semakin baik hasilnya.
Pendekatan belajar dapat dibagi menjadi tiga macam tingkatan yaitu pendekatan tinggi, pendekatan sedang, pendekatan rendah.
One.  Pendekatan tinggi (pencapaian tinggi/Achieving), pada umumnya dilandasi oleh motif ekstrinsik yang berciri khusus yang disebut “ego-enhancement” yaitu ambisi pribadi yang besar dalam meningkatkan prestasi kekauan dirinya dengan cara meraih indeks prestasi setinggi-tingginya. Gaya belajarnya siswa lebih seirus dari pada siswa-siswa yang memakai pendekatan-pendekatan lainnya.
Two. Pendekatan deep (mendalam), biasanya mempelajari materi karena memang dia (siswa/siswi) tertarik dan merasa membutuhkannya. Gaya belajarnya serius dan berusaha memahami materi secara mendala serta memikirkan mengaplikasikannya.
Three.                  Pendekatan rendah (surface) Pendekatan dorongan dari luar ekstrinsik yang bersifat lahiriyah, Antara lain takut tidak lulus yang mengakibatkan dia malu. Gaya belajarnya santai, asal hafal dan tidak mementingkan pemahaman yang mendalam.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (Prestasi Belajar). Please share...!

Back To Top