Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (Prestasi Belajar)
Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi
hasil belajar dapat dibedakana atas dua jenis yaitu yang bersumber dari dalam
diri manusia yang belajar, yang disebut sebagai faktor internal, dan faktor
yang bersumber dari luar diri manusia yang belajar yang disebut sebagai faktor
eksternal.
One.
Faktor yang bersumber dari dalam diri manusia
dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu faktor biologis dan faktor psikologis,
yang dapat dikatagorikan sebagai faktor biologis antara lain usia, kematangan,
kesehatan, sedangkan yang dapat dikatagorikan sebagai faktor psikologis adalah
kelelahan, suasana hati, motivasi, minat, dan kebiasaan belajar.
Two.
Faktor yang bersumber dari luar diri manusia yang
belajar dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu faktor manusia dan faktor non
manusia seperti alam benda, hewan dan lingkungan fisik.
Secara ringkas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar adalah:
Faktor Internal:
Biologis : Usia
Kematangan
Kesehatan
Psikologis : Minat
Motivasi
Suasana hati
Faktor Eksternal:
Manusia : Di keluarga
Di sekolah
Di masyarakat
Non manusia : Udara
Suara
Bau-bauan.
Three.
faktor-faktor
yang mempengaruhi belajar
Menurut Drs. M. Nagalim Poerwanto M.P. Bahwa belajar
adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau
pembaharuan dalam tingkah laku atau kecakapan. Sampai dimanakah perubahan itu
dapat tercapai atau dengan kata lain, berhasil baik atau tidaknya belajar itu
tergantung kepada macam-macam faktor itu, dapat kita bedakan menjadi dua
golongan.
1. Faktor yang ada pada organisme itu
sendiri yang kita sebut faktor individual
2. Faktor yang ada di luar individu yang
kita sebut faktor sosial yang termasuk ke dalam faktor individual antara lain:
faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi dan faktor
pribadi. Sedangkan yang termasuk faktor sosial antara lain faktor
keluarga/keadaan rumah tangga, guna dan cara belajar, lingkungan dan kesempatan
yang tersedia, dan motivasi sosial.
Secara global faktor-faktor yang
mempengaruhi belajar siswa dapat kita bedakan menjadi 3 macam:
1.
Faktor
Internal (faktor dari dalam siswa) yaitu keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa.
Yakni faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang meliputi
aspek-aspek yaitu; a) Apsek fisiologis (yang bersifat jasmaniah), b) Aspek psikologis (yang bersifat
rohaniah), yaitu tingkat kecerdasan/ intelegius siswa, sikap siswa, bakat,
minat dan motivasi siswa.
2.
Faktor
eksternal siswa
One.
Faktor
Eksternal siswa terdiri atas dua macam yakni faktor lingkungan sosial sekolah
seperti para guru, para staf administrasi dan teman-teman sekelas juga dapat
mempengaruhi semangat belajar seorang siswa, para guru yang selalu menunjukkan
sikap dan perilaku yang simpatik dan memperlihatkan suri tauladan yang baik dan
rajin khususnya dalam hal belajar, misalnya rajin membaca dan berdiskusi, dapat
menjadi daya dorong yang positif bagi kegiatan belajar siswa.
Two.
Lingkungan
non sosial, ialah gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga
siswa dan letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca dan waktu belajar yang
digunakan siswa. Faktor ini menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa.
3.
Faktor
Pendekatan Belajar
Faktor pendekatan belajar sangat
memperngaruhi hasil belajar siswa, sehingga samakin mendalam cara belajar siswa
maka semakin baik hasilnya.
Pendekatan belajar dapat dibagi menjadi tiga macam
tingkatan yaitu pendekatan tinggi, pendekatan sedang, pendekatan rendah.
One. Pendekatan
tinggi (pencapaian tinggi/Achieving), pada umumnya
dilandasi oleh motif ekstrinsik yang berciri khusus yang disebut
“ego-enhancement” yaitu ambisi pribadi yang besar dalam meningkatkan prestasi
kekauan dirinya dengan cara meraih indeks prestasi setinggi-tingginya. Gaya
belajarnya siswa lebih seirus dari pada siswa-siswa yang memakai
pendekatan-pendekatan lainnya.
Two.
Pendekatan
deep (mendalam), biasanya mempelajari materi karena memang dia (siswa/siswi)
tertarik dan merasa membutuhkannya. Gaya belajarnya serius dan berusaha
memahami materi secara mendala serta memikirkan mengaplikasikannya.
Three.
Pendekatan
rendah (surface) Pendekatan dorongan dari luar ekstrinsik yang bersifat lahiriyah, Antara
lain takut tidak lulus yang mengakibatkan dia malu. Gaya belajarnya santai,
asal hafal dan tidak mementingkan pemahaman yang mendalam.
Labels:
Pendidikan,
Pengajaran
Thanks for reading Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar (Prestasi Belajar). Please share...!