Langkah dalam Pembelajaran Role Playing
Penggunaan
metode role playing pada langkah-langkah pembelajaran bertujuan untuk
mengungkapkan pengalaman ajar secara nyata bagi siswa, agar nantinya memiliki
kemampuan dan keterampilan dalam menemukan konsep, gagasan, dan jalan pemecahan
masalah yang sesuai dengan masalah dalam belajar.
Langkah-langkah
pembelajaran yang dimaksud adalah antara lain meliputi:
1.
Mempersiapkan silabus
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan
kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
2.
Menyampaikan apersepsi materi pelajaran
Sebelum
kita memulai pelajaran inti maka terlebih dahulu perlu kita untuk memberikan
apersepsi, karena apersepsi ini adalah salah satu usaha untuk menghubungkan
bahan pelajaran yang akan diberikan dengan apa yang telah dikenal anak. Dengan
adanya apersepsi ini juga dapat membangkitkan minat anak yang berarti pula
pengajaran akan berjalan dengan baik.
3.
Menyampaikan materi pelajaran
Di
dalam proses belajar mengajar tentunya kita sebagai seorang pendidik harus
mempersiapkan materi yang akan diberikan kepada murid. Untuk itu perlu kiranya
kita menyampaikan hal-hal yang paling pokok/inti dari materi pelajaran kepada
anak didik kita dengan salah satu tujuannya adalah pengenalan awal agar ada
rangsangan yang bisa membangkitkan motivasi anak dalam belajar.
4.
Membentuk kelompok bermain peran
Dalam
hal ini guru membentuk sebuah kelompok bermain peran yang terdiri dari beberapa
siswa yang sudah ditunjuk untuk membaca teks naskah berita/drama yang telah
disediakan oleh guru.
5.
Bermain peran
Siswa
kemudian mengerjakan tugas individu masing-masing. Setelah tugas individu
selesai kemudian guru membentuk siswa
menjadi beberapa kelompok bermain peran. Setiap kelompok diminta maju ke
depan kelas dan bermain peran berdasarkan naskah drama yang telah ditentukan
oleh guru dan memberikan penilaian kepada siswa.
6.
Mengisi lembar observasi (lembar pengamatan)
Dalam
kegiatan siswa bermain peran, maka peneliti mengadakan pengawasan terhadap
kegiatan siswa melalui penilaian personal selama kegiatan bermain peran
berlangsung. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat sikap atau respon siswa
selama pembelajaran berlangsung. Aspek-aspek penilaiannya mengacu pada tiga
ranah pembelajaran, yaitu : psikomotorik, afektif, dan kognitif.
7.
Mengadakan evaluasi dan penilaian
Setelah kegiatan bermain peran selesai, guru kembali mengadakan evaluasi
atau tes untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan metode role playing yang
telah dilaksanakan. Kemudian guru memberikan masukan-masukan dan motivasi
kepada siswa agar terus meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan melalui
metode role playing.
Labels:
Pendidikan,
Pengajaran
Thanks for reading Langkah dalam Pembelajaran Role Playing. Please share...!