Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Langkah dalam Pembelajaran Role Playing


Langkah dalam Pembelajaran Role Playing
Penggunaan metode role playing pada langkah-langkah pembelajaran bertujuan untuk mengungkapkan pengalaman ajar secara nyata bagi siswa, agar nantinya memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menemukan konsep, gagasan, dan jalan pemecahan masalah yang sesuai dengan masalah dalam belajar.

Langkah-langkah pembelajaran yang dimaksud adalah antara lain meliputi:
1.       Mempersiapkan silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
2.       Menyampaikan apersepsi materi pelajaran
Sebelum kita memulai pelajaran inti maka terlebih dahulu perlu kita untuk memberikan apersepsi, karena apersepsi ini adalah salah satu usaha untuk menghubungkan bahan pelajaran yang akan diberikan dengan apa yang telah dikenal anak. Dengan adanya apersepsi ini juga dapat membangkitkan minat anak yang berarti pula pengajaran akan berjalan dengan baik.
3.       Menyampaikan materi pelajaran
Di dalam proses belajar mengajar tentunya kita sebagai seorang pendidik harus mempersiapkan materi yang akan diberikan kepada murid. Untuk itu perlu kiranya kita menyampaikan hal-hal yang paling pokok/inti dari materi pelajaran kepada anak didik kita dengan salah satu tujuannya adalah pengenalan awal agar ada rangsangan yang bisa membangkitkan motivasi anak dalam belajar.
4.       Membentuk kelompok bermain peran
Dalam hal ini guru membentuk sebuah kelompok bermain peran yang terdiri dari beberapa siswa yang sudah ditunjuk untuk membaca teks naskah berita/drama yang telah disediakan oleh guru.
5.       Bermain peran
Siswa kemudian mengerjakan tugas individu masing-masing. Setelah tugas individu selesai kemudian guru membentuk siswa  menjadi beberapa kelompok bermain peran. Setiap kelompok diminta maju ke depan kelas dan bermain peran berdasarkan naskah drama yang telah ditentukan oleh guru dan memberikan penilaian kepada siswa.
6.       Mengisi lembar observasi (lembar pengamatan)
Dalam kegiatan siswa bermain peran, maka peneliti mengadakan pengawasan terhadap kegiatan siswa melalui penilaian personal selama kegiatan bermain peran berlangsung. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat sikap atau respon siswa selama pembelajaran berlangsung. Aspek-aspek penilaiannya mengacu pada tiga ranah pembelajaran, yaitu : psikomotorik, afektif, dan kognitif.
7.       Mengadakan evaluasi dan penilaian
Setelah kegiatan bermain peran selesai, guru kembali mengadakan evaluasi atau tes untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan metode role playing yang telah dilaksanakan. Kemudian guru memberikan masukan-masukan dan motivasi kepada siswa agar terus meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan melalui metode role playing.
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Langkah dalam Pembelajaran Role Playing. Please share...!

Back To Top