Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Peranan Pondok Pesantren dalam Pembinaan Akhlak Remaja


Peranan Pondok Pesantren dalam Pembinaan Akhlak Remaja
Dalam kaitanya pembinaan akhlak dengan agama yang terjadi pada masa remaja biasanya apa yang menjadi kebiasaan atau keinginan remaja selalu bertentangan atau seringkali bertentangan dengan agama disebabkan karena pengaruh lingkungan yang cenderung kepada penyimpangan perilaku keagamaan dan kelalaian tingkah laku.
Kelalaian tingkah laku tersebut pada prinsipnya dikarenakan :
a.       Peranan moral agama yang kurang
b.      Akibat pengangguran dan tingkat pendidikan yang kurang rendah
c.       Pengaruh kebudayan yang negatif dari luar
d.      Tidak ada tokoh yang ideal dan berwibawa dalam keluarga dan masyarakat (uswatun hasanah)
e.       Kurangnya bimbingan, pengarahan dan pengawasan remaja untuk berkembang baik.

Dari faktor-faktor tersebut yang mengakibatkan menyimpangnya akhlak remaja dari aturan-aturan agama. Maka sedini mungkin dapat diusahakan untuk ditanggulangi, oleh karena itu dalam hal ini pembinaan akhlak sangat menentukan sekali dan sangat strategis didalam mempersiapkan remaja yang potensial dan sebagai harapan agama serta bangsa di masa yang akan datang.
Agar dalam hidupnya manusia senantiasa mengikuti jalan yang benar hendaknya hidup sesuai dengan fitrah. Maka dipandang perlulah mereka mendalami pendidikan agama Islam sebagai pijakan dan landasan belajarnya.
Islam merupakan agama yang fleksibel, ajaranya harus disampaikan kepada manusia, tidak mengingat waktu baik dilaksanakan dengan sistim yang formal maupun non formal.
Dengan pelaksanaan yang beraneka ragam bentuknya, memungkinkan ajaran Islam lebih diresapi dan dihayati maknanya, sehingga lebih cepat dapat membentuk sikap dan karakteristik seseorang.
Sebagai upaya agar remaja mempunyai kepribadian luhur dan sebagai generasi penerus yang bertanggung jawab. Maka perlu ditanamkan kepada mereka agama, karena seorang remaja yang dalam masa panca roba bila tidak mendapatkan bimbingan serta lingkungan yang mendukung terhadap perkembanganya maka dapat menimbulkan kelainan tingkah laku, sehingga dapat menjelma dalam bentuk kenakalan remaja, krominalitas, narkotika, kejahatan seksual (pergaulan bebas) dan sebagainya.
Dan pondok pesantren adalah tempat yang tepat untuk membina akhlak remaja. Pondok pesantren dengan cara hidupnya yang bersifat kolektif, merupakan salah satu perwujudan atau wajah dari semangat dan tradisi dari lembaga kegotongroyongan, nila-nilai keagamaan seperti ukhwah (persaudaraan), ta’awun (tolong menolong), ittihad (persatuan thalabul ilmi (menuntut ilmu), ikhsan, jihad, taat (patuh kepada tuhan, rasul, ulama’,kyai sebagai penerus nabi dan mereka yang diakui sebagai pemimpin )
Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Peranan Pondok Pesantren dalam Pembinaan Akhlak Remaja. Please share...!

Back To Top