Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Bentuk-Bentuk Pembinaan Kedisiplinan Siswa

Bentuk-Bentuk Pembinaan Kedisiplinan Siswa

Di dalam pembinaan kedisiplinan terhadap siswa diperlukan bimbingan dan pembinaan dalam suatu wadah sebagai wadah dan bentuk pembinaan siswa diutamakan yang ada di lingkungan sekolah, misalnya kegiatan keagamaan.
Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan disekolah biasanya berbentuk kegiatan ekstrakurikuler, yang mana kegiatan tersebut dimaksudkan dapat membantu proses pembinaan sendiri dan dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, diantaranya kegiatan keagamaan berupa :

a. Perayaan hari besar
Dengan cara ini mengadakan PHBI dengan tujuan siswa dapat belajar dari sejarah serta diharapkan dapat mengambil suri tauladan dari para rasul melalui peringatan tersebut.
b. Pondok ramadhan
Dalam lingkungan siswa yang mayoritas beragama Islam dalam satu tahun sekali mengadakan pondok ramadhan yang mana tujuannya adalah membina mental siswa.
c. Kegiatan kepramukaan
Kepramukaan sebagai proses pendidikan harus merupakan kegiatan yang harus dipertanggung jawabkan dan bernilai pendidikan. Sehingga kegiatannya harus berencana dan dipersiapkan, dilaksanakan serta dapat dinilai dari segi pendidikan dan kejiwaan.49
Pendidikan kepramukaan itu merupakan penunjang bagi sekolah karena pendidikan kepramukaan dapat membina kedisiplinan siswa, ketrampilan, bakti masyarakat dan membentuk watak.

baca juga :
  1. Unsur-unsur Pondok Pesantren
  2. Usaha Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
  3. Akhlak-akhlak terpuji (Al-Akhlakul- mahmudah)
  4. Arti Metode Role Playing
  5. Asas dalam Manajemen Humas
  6. Asas-asas Masyarakat Madani
  7. Cara Meningkatkan Semangat Belajar

d. Upacara bendera
Adapun tujuannya yaitu untuk menimbulkan kebiasaan dalam melakukan cara hidup yang tertib, teratur, disiplin dan konstruktif bagi diri sendiri maupun lingkungannya.

Labels: Pendidikan, Pengajaran

Thanks for reading Bentuk-Bentuk Pembinaan Kedisiplinan Siswa. Please share...!

Back To Top