Informasi Lengkap tentang pendidikan dan Pengajaran serta cara belajar mengajar di sekolah

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli dan pakar


Pengertian Kebudayaan
Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli dan pakar - Manusia sebagai makhluk budaya mampu membuat dan menjalankan kebudayaannya. Masyarakat berperan sebagai pelaksana dan wadah berlangsungnya kebudayaan. Pemikian dan kegiatan manusia disebut kebudayaan itu bertujuan untuk mempertahankan kehidupannya. Adapun ingin senang adalah naluri manusia, manusia selalu berusaha dan bertindak untuk mewujudkan keselamatan dan kesenangan itu.

Para ahli antropologi dan sosiologi telah banyak mendefinisikan pengertian dari kebudayaan. Kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta “Buddayah”, merupakan bentuk jamak dari “Buddhi” yang diartikan pada hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan budi manusia. Adapun pengertian kebudayaan menurut Sastro Supomo yang menjelaskan bahwa:
Kebudayaan mencakup kelakuan manusia atau tingkah laku manusia, segala yang dilakukan manusia dalam kehidupannya itulah kebudayaan, dan kebudayaan manusia adalah segala semua hasil karya manusia dalam menanggapi alam dan hidup.

Menurut Koenjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan dari kelakuan manusia yang teratur serta diperoleh dengan belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Lebih lanjut kebudayaan atau budaya diartikan sebagai hasil cipta, karya, dan karsa manusia menurut gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya.
Menurut Bakker kebudayaan diartikan sebagai hasil perjuangan batin manusia, dan dikatakan juga kebudayaan diartikan sebagai bikinan yang tidak tiruan, asli, paling semula. Sedangkan Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemarji merumuskan kebudayaan sebagai hasil cipta, rasa dan karya masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan, kebendaan, atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabadikan pada keperluan masyarakat.
Baca juga :

  • Asas dalam Manajemen Humas
    1. Asas-asas Masyarakat Madani
    2. Cara Meningkatkan Semangat Belajar
    3. Ciri-ciri Kerukunan Bertetangga
    4. Contoh Cover Proposal Skripsi Yang Baik dan Benar
    5. Contoh Hasil Penelitian dan Pembahasan Skripsi
    6. Contoh Kata Pengantar Skripsi yang Baik dan Benar
    7. Contoh Permohonan Judul Skripsi yang Baik dan Benar

    Dari definisi-definisi tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan merupakan hasil perjuangan dan penciptaan akal, budi dan daya manusia sebagai makhluk sosial seperti kepercayaan, kesenian, adat istiadat yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dalam rangka memenuhi perlunya hidup dan bermasyarakat yang diperuntukkan bagi kesejahteraan hidupnya. Dengan kata lain bahwa kebudayaan berguna bagi masyarakat, karena dapat menyeimbangkan diri dengan alam dan mengatur hubungan antar manusia. Berkembangnya kebudayaan itu mencakup keseluruhan hidup yang didapat dari belajar yang kesemuanya diperoleh dalam kehidupan masyarakat.
    Labels: Pendidikan, Pengajaran

    Thanks for reading Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli dan pakar. Please share...!

    Back To Top